Apa Itu Wireless Charging?

Dini Listiyani ยท Kamis, 18 November 2021 - 12:06:00 WIB
Apa Itu Wireless Charging?
Apa Itu Wireless Charging? (Foto: Unsplash)

Tentu saja, ada lebih banyak lagi pengisian nirkabel di perangkat elektronik modern. Pertama, perangkat dan pengisi daya perlu berkomunikasi satu sama lain untuk menentukan laju pengisian daya dan parameter lainnya.

Di masa lalu, ada beberapa standar bersaing untuk pengisian nirkabel. Namun, standar Qi, yang dikembangkan oleh Wireless Power Consortium, telah menjadi yang dominan saat ini. Sebagian besar perangkat pengisian daya nirkabel mendukung standar Qi, kecuali beberapa pengecualian yang akan kita bahas nanti.

Standar umum bermanfaat karena itu berarti Anda dapat membeli perangkat dan pengisi daya dari merek pesaing dan mengetahui bahwa keduanya akan berfungsi satu sama lain. Faktanya, banyak produsen bahkan tidak menjual pengisi daya nirkabel mereka sendiri.

Qi mencakup panduan untuk berbagai aspek proses pengisian daya, seperti area pengisian daya, batas suhu, dan deteksi objek. Deteksi batas suhu ini sangat penting karena jika Anda secara tidak sengaja meninggalkan benda logam seperti koin di medan magnet yang berosilasi, benda itu bisa memanas dengan cepat. Standar membantu mencegah hal ini — pengisi daya hanya akan menghasilkan bidang ketika perangkat yang sesuai dengan Qi terdeteksi.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel: