Apple Pimpin Pasar Headset TWS, Market Share Lebih dari 50 Persen

Dini Listiyani ยท Senin, 13 Januari 2020 - 16:27 WIB
Apple Pimpin Pasar Headset TWS, Market Share Lebih dari 50 Persen

AirPods (Foto: Apple)

BEIJING, iNews.id - Strategy Analytics telah menerbitkan laporan baru mengenai pasar headset TWS di 2019. Menurut laporan, Apple, Xiaomi, dan Samsung berhasil memimpin pasar headset True Wireless Stereo (TWS) ini.

Menurut laporan Strategy Analytics, Apple berhasil memimpin posisi pertama dengan market share lebih dari 50 persen. Sedangkan Xiaomi berhasil menempati posisi kedua dan Samsung mengikuti di bawahnya.

Posisi Apple diperingkat pertama tidak mengherankan. Perusahaan berbasis Cupertino secara praktik menciptakan kategori TWS dengan peluncuran AirPods pada 2016.

"AirPods Apple adalah headset Bluetooth yang didominasi di segi penjualan dan pendapatan pada segmen TWS," kata Head of Strategy Analytics Ken Hyers yang diberitakan Gizmo China, Senin (13/1/2020).

Laporan pasar headset TWS (Foto: Strategy Analytics)
Laporan pasar headset TWS (Foto: Strategy Analytics)

 

Menurut Hyers, Apple akan terus mendominasi pasar TWS hingga pertengahan dekade berikutnya. Pada 2019, pendapatan dari penjualan headset TWS tumbuh lebih dari 200 persen dan Apple mengambil bagian sebanyak 71 persen dari total.

Diperkirakan pendapatan grosir akan tumbuh melampaui 100 miliar dolar AS pada 2024. Pemain baru di pasar harus dapat melihat peluang mereka sendiri.

Xiaomi dan Samsung, yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga, memiliki market share kurang dari 10 persen. Headset TWS Xiaomi, Redmi AirDots adalah salah satu yang temurah di pasar dan alternatif populer bagi mereka yang tidak mampu membeli produk premium.

Samsung akan mengumumkan penerus Galaxy Buds pada 11 Februari dan diluncurkan sebagai Galaxy Buds+. Tahun ini, Redmi AirDots disinyalir juga akan mendapatkan penerusnya.

Editor : Dini Listiyani