Cara Mengatasi Jaringan Lemot

Dini Listiyani · Selasa, 04 Mei 2021 - 17:11:00 WIB
Cara Mengatasi Jaringan Lemot
Cara Mengatasi Jaringan Lemot (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id -  Cara mengatasi jaringan lemot perlu diketahui. Tujuannya agar pengguna bisa meningkatkan kualitas jaringan sehingga tidak lemot lagi saat digunakan.

Internet sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat. Hampir semua kegiatan memerlukan internet mulai dari berkomunikasi, bekerja, hingga berbelanja. 

Jika internet tidak berjalan cepat dapat menimbulkan masalah lain. Tidak hanya membuat kesal, jaringan lemot bisa menyebabkan pekerjaan atau komunikasi tidak lancar. 

Nah, Anda perlu mengatasi jaringan lemot saat itu terjadi. Bagaimana caranya? Mudah saja. Berikut ini cara mengatasi jaringan lemot, sebagaimana dikutip dari Cnet, Selasa (4/5/2021).

1. Toggle Airplane Mode
Mengalihkan toggle koneksi ponsel Anda adlaah cara tercepat dan termudah untuk memperbaiki masalah sinyal. Perhatikan langkah-langkah berikut ini untuk ponsel Android dan iOS.

Android: Anda bisa menggesek dari atas ke bawah untuk melihat panel Quick Settings. Tap ikon Airplane lalu tunggu telepon Anda benar-benar terputus dari Wifi dan koneksi selulernya. Itu tidak terjadi instans, jadi berikan waktu 30 detik sebelum mengetuk ikon Airplane lagi.

iPhone: Buka Pusat Kontrol - Pengguna iPhone seri X dapat swipe ke bawah dari sudut kanan atas, model iPhone lama menggesek layar dari bawah ke atas - dan ketuk ikon mode Pesawat. Ini akan berubah menjadi oranye saat diaktifkan. Sekali lagi, tunggu hingga satu menit sebelum mematikannya. 

2. Restart Ponsel
Smartphone bagaikan komputer mini. Layaknya komputer, terkadang Anda bisa memperbaiki jaringan lemot dengan restart. Perhatikan cara berikut di ponsel Android dan iPhone.

Android: Tahan tombol power atau power dan volume bawah, tergantung pada ponsel Android Anda, hingga menu di layar muncul. Kemudian, pilih restart. Jika ponsel Anda tidak menawarkan opsi restart, tahan tombol power sampai layar menjadi hitam dan menyala kembali. Anda juga dapat mematikan ponsel melalui menu pengaturan.

iPhone: Jika iPhone Anda memiliki tombol beranda, coba tahan tombol tidur / bangun hingga penggeser daya ditampilkan. Tarik penggeser ke kanan. Setelah perangkat dimatikan, tekan dan tahan tombol tidur / bangun sampai Anda melihat logo Apple.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2