Dampak Suntik Mati Siaran TV Analog, Rakyat Kecil Makin Sulit Dapat Hiburan

Raden Yusuf Nayamenggala · Selasa, 06 Desember 2022 - 21:42:00 WIB
Dampak Suntik Mati Siaran TV Analog, Rakyat Kecil Makin Sulit Dapat Hiburan
Seorang bapak mengeluhkan kesulitan rakyat kecil kesulitan mendapatkan hiburan karena siaran analog dimatikan. (Foto: TikTok)

JAKARTA, iNews.id - Dampak kebijakan suntik mati siaran TV analog masih dirasa menyusahkan masyarakat luas. Pasalnya mereka yang belum memiliki Smart TV atau masih menggunakan TV Tabung atau TV jadul, tidak bisa menikmati acara TV.

Alhasil sebagian masyarakat terpaksa membeli set top box (STB), alat konversi siaran TV digital agar dapat diterima di pesawat TV analog. Tapi, banyak masyarakat yang tidak mampu membeli STB, karena untuk mencukupi kebutuhan hari-hari pun sangat sulit.

Terkait dimatikannya siaran analog, baru-baru ini ada sebuah unggahan video di TikTok yang dianggap mewakili suara rakyat-rakyat kecil yang tidak bisa membeli Set Top Box dan masih menggunakan TV Tabung. Unggahan diluncurkan akun TikTok bernama @muhammadefendi764. Pada unggahannya, terdengar narasi kritikan pada pemerintah yang dianggap tidak memperdulikan nasib rakyat kecil.

Dia mengatakan bahwa tidak semua rakyat Indonesia memiliki banyak uang seperti pegawai pemerintahan dan pebisnis.

"Saya heran sama pemerintah indonesia, belum beres kemarin masalah kompor gas dan  tabung gas mau diilangin diganti sama kompor listrik. Sekarang tv tabung mau diilangi sama tv-tv yang mahal, mau dihalanganin channelnya, kalian pikir orang-orang di Indonesia itu kaya semua seperti orang-orang pemerintahan atau orang-orang pebisnis semua orang indonesia," kata akun @muhammadefendi764 pada video tersebut.

Lebih lanjut, pria yang mengisi latar belakang suara dalam video tersebut mengatakan, bahwa biarkanlah rakyat kecil menikmati hiburan. Karena, tidak semua orang memiliki uang untuk langganan internet dan tidak semua orang memiliki ponsel.

"Biarkanlah mereka menikmati hiburan menikmati channel tv, menikmati kabar berita.  Kalian pikir semua orang Indonesia pada punya hp pada punya uang buat beli internet," ujar pria tersebut.

Unggahan tersebut langsung menjadi viral dan ditonton oleh lebih dari 100.000 orang. Melihat unggahan yang viral tersebut, banyak masyarakat yang setuju dengan pernyataan pada unggahan tersebut, dan banyak yang mengeluhkan hal itu.

Beberapa netizen mengeluhkan tidak bisa menonton TV lagi karena merupakan seorang rakyat kecil. Sedihnya ada yang sudah satu bulan tidak bisa menonton TV. Menurut para netizen, suntik mati siaran TV analog hanya menambah susah rakyat kecil

"Betul juga mas aku udah sebulan enggak nonton tv. Udah susah tambah susah aja .kalo yg berduit langsung beli," ujar @Mama Yati

"Saya juga mati tv aku orang miskin cuma buruh nyuci," kata @imas

Mirisnya, akibat suntik mati siaran TV analog membuat beban rakyat kecil bertambah, karena harus berhutang untuk membeli STB agar bisa mendapat hiburan dari menonton televisi.

"Iya mas bener kok saya aja sampai pinjam uang buat beli stb," tutur @elihsuhesti

"Setujuuu Bang tidak memikirkan kami rakyat miskin tv satu-satunya buat hiburan, eeeh malah mati or miskin seperti kami tidak mampu beli tv baru bli stb juga tidak mampu," tulis @Nenengyani467

Dengan banyaknya netizen yang masih mengeluhkan karena tidak memiliki uang untuk membeli STB atau TV baru, menjadi pertanda bahwa suntik mati siaran TV analog kian menyulitkan rakyat kecil untuk mendapatkan hiburan.

Editor : Elvira Anna

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda