Survei Poltracking: Mayoritas Publik Tak Setuju TV Analog Dimatikan

Felldy Utama · Kamis, 08 Desember 2022 - 14:43:00 WIB
Survei Poltracking: Mayoritas Publik Tak Setuju TV Analog Dimatikan
Survei Poltracking mengungkap mayoritas masyarakat tidak setuju dengan kebijakan pemerintah menghentikan siaran televisi berbasis analog dan beralih ke siaran berbasis digital. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Survei Poltracking mengungkap mayoritas masyarakat tidak setuju dengan kebijakan pemerintah menghentikan siaran televisi berbasis analog dan beralih ke siaran berbasis digital. Hal ini terpotret dalam hasil survei yang dilakukan pada bulan November 2022.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda menyampaikan surveinya juga turut memotret sejumlah isu aktual yang mengemuka di masyarakat. Salah satunya, kebijakan analog switch off (ASO) yang dilaksanakan Kementerian komunikasi dan informatika (Kominfo).

"Publik yang mengatakan tidak setuju 40,9 persen terhadap penghentian siaran tv analog," kata Hanta Yuda dalam paparan hasil surveinya yang dilakukan secara daring, Kamis (8/12/2022).

Dalam data yang dipaparkan, sebanyak 33,3 persen publik yang menyatakan kurang setuju dan 7,6 persen menyatakan sangat tidak setuju atas penghentian siaran tv analog. Sehingga, jika digabungkan, maka publik yang tidak setuju sebesar 40,9 persen.

Sementara, responden yang mengaku cukup setuju sebanyak 28,8 persen dan yang mengaku sangat setuju sebesar 4,5 persen. Sehingga, jika digabungkan, publik yang setuju atas kebijakan penghentian siaran televisi berbasis analog angkany sebesar 33,3 persen.

"Publik yang mengatakan tidak tahu atau tidak jawab sebesar 25,8 persen," ujarnya.

Untuk diketahui, survei Poltracking Indonesia ini dilakukan pada tanggal 21-27 November 2022 dengan wawancara tatap muka langsung dengan responden.

Jumlah sampel yang diambil dalam survei ini sebanyak 1.220 respoden yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Sementara, margin of error yang ditetapkan dalam survei ini sekitar 2,9 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Editor : Rizal Bomantama

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda