Hadir Tahun Depan, USB 4 Bawa Kecepatan Lebih Baik

Dini Listiyani ยท Kamis, 05 September 2019 - 09:50 WIB
Hadir Tahun Depan, USB 4 Bawa Kecepatan Lebih Baik

Ilustrasi (Foto: Tech Crunch)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Organisasi di balik USB memberikan pengumuman terbaru mengenai iterasi teranyar mereka, USB 4. Apa saja itu?

Dikutip Tech Crunch, Kamis (5/9/2019), USB 4 yang diumumkan pada Maret lalu menjanjikan sejumlah fitur menarik. Kini, spesifikasi teknis USB 4 telah dirilis agar dapat diketahui oleh siapa saja.

Ada tiga peningkatan utama yang akan dibawa oleh USB 4 ini. Pertama, speed yang lebih baik. USB 4 mempunyai kecepatan hingga 40 gigabits per second, dua kali lebih cepat dibanding USB 3 terbaru, dan delapan kali dari versi standar.

Kedua, USB 4 compatibility dengan Universal Thunderbolt 3. Thunderbolt 3 adalah implementasi USB 3 Intel, yang dapat ditemukan di board. Jadi, siapa pun yang membuat perangkat dengan USB 4 dapay kompatible dengan standar Intel.

Ketiga, USB 4 mempunyai display lebih baik atau pemisahan data. USB 3 memperkenalkan kemampuan untuk menggunakan single cable ke send power, sinyal data dan video hanya menggunakan satu kabel.

Nah, di USB 4 akan lebih baik lagi. Jadi, jika Anda mempunyai monitor 8Gbps untuk video bandwidth, 32Gbps akan tersedia penuh untuk keperluan lain.

Kabar baik lainnya adalah USB 4 tidak menggunakan konektor baru. Kenapa? Karena saat ini pengguna ponsel masih dalam masa transisi ke USB-C. Perubahan tampaknya bukan ide bagus untuk saat ini.

USB terbaru tampaknya tidak akan hadir dalam waktu dekat. Hardware yang akan mendukung USB 4 diperkirakan akan hadir pada paruh kedua 2020 nanti.


Editor : Dini Listiyani