Panasonic Permudah Pengguna Gunakan Kamera Mirrorless sebagai Webcam

Dini Listiyani ยท Rabu, 10 Juni 2020 - 16:05 WIB
Panasonic Permudah Pengguna Gunakan Kamera Mirrorless sebagai Webcam

Kamera mirrorless Panasonic (Foto: Panasonic)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Panasonic kini mempermudah pengguna menggunakan kamera mirrorless sebagai webcam melalui kabel USB. Kemampuan ini bisa dilakukan berkat beta terbaru dari aplikasi Lumix Tether.

Menggunakan kamera mirrorless akan membuat Anda terlihat jauh lebih tajam untuk video call. Aplikasi Lumix Tether telah memungkinkan pengguna menghubungkan kamera Anda ke laptop atau desktop untuk tethered shooting.

Hal ini memungkinkan Anda melihat tampilan langsung dari kamera di komputer dengan focus box dan beberapa kontrol di layar. Lewat pembaruan, Panasonic memperbolehkan Anda menghapus elemen UI, sehingga dapat meneruskan video feed clean ke aplikasi seperti Open Broadcaster Software (OBS) lalu ke software konferensi video Anda.

Aplikasi versi baru ini hanya untuk Windows. Panasonic mengatakan, aplikasi ini kompatibel dengan kamera DC-GH5, DC-G9, DC-GH5S, DC-S1, DC-S1R, dan DC-S1H, sebagaimana dikutip dari The Verge, Rabu (10/6/2020).

Canon dan Fujifilm juga memiliki aplikasi yang memperbolehkan pengguna menggunakan kamera mereka sebagai webcam melalui USB. Meskipun, mereka memiliki manfaat tambahan yakni membiarkan Anda output langsung ke Zoom call tanpa OBS.

Aplikasi Canon berfungsi untuk Mac dan Windows. Sedangkan Fujifilm hanya untuk Windows. Namun, bila ingin menggunakan kamera Sony atau Nikon sebagai webcam, Anda tidak dapat melakukannya hanya dengan kabel USB. Anda harus memiliki beberapa hardware tambahan.

Editor : Dini Listiyani