Programmer Komputer Bikin Masker yang Bisa Perlihatkan Pengguna Sedang Berbicara

Dini Listiyani ยท Rabu, 10 Juni 2020 - 15:07 WIB
Programmer Komputer Bikin Masker yang Bisa Perlihatkan Pengguna Sedang Berbicara

Masker (Foto: Twitter)

JAKARTA, iNews.id - Desainer dan programmer game Tyler Glaiel telah menciptakan sentuhan baru pada masker wajah. Hasil modifikasi ini akan mempermudah pengguna masker dalam berkomunikasi selama pandemi Covid-19.

Glaiel menciptakan masker wajah kain dengan panel lampu LED suara yang diaktifkan di bagian depan. Lampu mulai bergerak setiap kali seseorang berbicara untuk mensimulasikan pembukaan dan penutup mulut.

Array 16 LED lights dapat digunakan untuk membentuk bentuk tersenyum jika orang yang memakainya membuat suara klik dengan lidak mereka.

"Saya punya ide acak untuk itu. Saya bertanya-tanya apakah itu ada, untuk memiliki masker wajah yang baru saja menyala dengan bentuk mulut dan jadi saya melihat-lihat online untuk melihat apakah ada sesuatu yang bisa saya beli guna melakukan ini dan benar-benar tidak ada apa-apa di sana," kata Glaiel yang dikutip dari Daily Mail, Rabu (10/6/2020).

Glaiel menghabiskan sekitar satu bulan bereksperimen dengan berbagai cara untuk membangun masker LED sebelum menentukan desain akhir. Masker dibangun menggunakan Arduino Nano, komputer mikro murah mirip dengan Raspberry Pi.

Panel LED sesuai ke sleeve masker dan dapat dengan mudah dilepas untuk mencuci. Sedangkan rumah LED dapat secara berkala disterilkan dengan sinar UV.

Sistem ini dapat dibangun dengan daftar komponen dasar yang harus tersedia di sebagian besar toko hardware atau elektronik, termasuk kabel listrik, mikrofon kecil, konverter, dan pita listrik.

Glaiel menerbitkan rincian langkah demi langkah dari proses pembangunan di sebuah postingan blog. Glaiel juga membagikan kode komputer yang diperlukan untuk mengoperasikan pengenalan suara dan lampu LED pada Github, meskipun pengguna perlu mengubah kode lebih lanjut tergantung komponen spesifik yang digunakan.

Pada akhirnya, ini adalah proyek yang menantang bagi pendatang baru tanpa pengalaman masa lalu dalam kode komputer atau teknik listrik dasar. Menurut BBC, panel LED juga menyala hangat sehingga tidak ideal untuk anak-anak atau dalam situasi di mana masker dipakai untuk waktu yang lama.

Editor : Dini Listiyani