Robot Ini Diklaim Bisa Hancurkan Virus Corona dalam 2 Menit

Dini Listiyani ยท Senin, 04 Mei 2020 - 18:36 WIB
Robot Ini Diklaim Bisa Hancurkan Virus Corona dalam 2 Menit

Robot Ultraviolet (Foto: Xenes Disinfection Services)

BEIJING, iNews.id - Robot baru mulai digunakan untuk mendisinfeksi rumah sakit. Mesin diklaim mampu menghancurkan virus corona (Covid-19) hanya dalam waktu 2 menit.

Robot pembunuh virus corona itu disebut LightStrike. Xenes Disinfection Services, yang berbasis di Texas baru-baru ini mengumumkan tes sukses robot LightStrike terhadap Covid-19.

Mesin yang juga dijual di Jepang memancarkan cahaya pada panjang gelombang antara 200 dan 312 nanometer yang mendekontaminasi tempat tidur, gagang pintu, dan permukaan lain yang sering disentuh orang, sebagaimana dikutip dari Gizmo China, Senin (4/5/2020).

Dalam sekitar dua hingga menit, radiasi ultarviolet ini membuat virus terlalu rusak. Robot juga telah terbukti bekerja melawan bakteri yang resisten terhadap banyak obat dan virus Ebola.

Robot LightStrike bahkan telah menunjukkan efektivitas 99.99 persen dalam mengeleminasi masker N95. Saat ini, robot tersebut sedang digunakan di lebih dari 500 fasilitas perawatan kesehatan di seluruh dunia.

Terumo telah menerima hak distribusi pada 2017 dan menatok mesin seharga 15 juta yen. Selama masa krisis ini diperkirakan permintaan perangkat akan meningkat, terutama dari rumah sakit dan lembaga medis lainnya.

 

Editor : Dini Listiyani