Samsung Akan Kenalkan Manusia Buatan Neon di CES 2020

Dini Listiyani ยท Sabtu, 28 Desember 2019 - 14:01 WIB
Samsung Akan Kenalkan Manusia Buatan Neon di CES 2020

Samsung Akan Kenalkan Manusia Buatan Neon di CES 2020 (Foto: Twitter/Neon)

LAS VEGAS, iNews.id - Samsung akan membawa teknologi baru di event Consumer Electronics Show (CES) 2020. Di event tahunan itu, raksasa elektronik asal Korea Selatan ini akan memperkenalkan produk kecerdasan buatan (AI) bernama Neon.

Neon dikembangkan oleh Samsung Technology & Advanced Research Labs (STAR Labs), sebuah unit independen Samsung Electronics yang menyatakan AI level manusia dengan kemampuan berbicara, mengenali, dan berpikir sebagai salah salah tujuannya. Unit tersebut dipimpin oleh Pranav Mistry.

Mistry terkenal karena karyanya mengenai SixthSense dan Galaxy Gears. Sebelum mempimpin unit STAR Labs, dia menjabat sebagai VP Global di Samsung.

Sejauh ini, detail mengenai NEON masih jarang ditemukan. Karena banyak yang mengira Neon adalah versi lanjutan dari Bixby, Samsung akhirnya memberikan klarifikasinya.

"Merasa terhormat memiliki begitu banyak coverage bahkan sebelum kami mengungkapkannya. Tapi, bertentangan dengan beberapa berita, NEON bukan tentang Bixby atau apa pun yang telah Anda lihat sebelumnya. #NEON akan datang ke #CES2020. Jadi tetapkan di sini!" kata Samsung lewat akun NEON di Twitter yang diberitakan GSM Arena, Sabtu (28/12/2019).

(Foto: Twitter)
(Foto: Twitter)

 

Neon tampaknya akan menjadi manusia digital bertenaga AI yang akan mereplikasi emosi dan kecerdasan manusia sejati. Samsung bahkan membuat postingan Facebook dan Twitter yang mengatakan NEON = Artificial Human.

Untuk saat ini belum bisa dipastikan produk apakah NEON itu. Tapi, Samsung mengunggah beberapa gambar di Twitter dengan pertanyaan 'Apakah Anda pernah bertemu dengan ARTIFICIAL?' dalam lima bahasa yang berbeda. Hal ini mengisyaratkan NEON akan dapat berinteraksi dengan pengguna dalam berbagai bahasa.

CES 2020 tinggal beberapa hari lagi berlangsung. Samsung dan Mistry diharapkan akan mengungkapkan lebih banyak informasi mengenai Neon menjelang peresmian.


Editor : Dini Listiyani