Samsung Kenalkan Ballie, Robot yang Bisa Membantu Mengelola Rumah Pintar

Dini Listiyani ยท Selasa, 07 Januari 2020 - 11:50 WIB
Samsung Kenalkan Ballie, Robot yang Bisa Membantu Mengelola Rumah Pintar

Samsung kenalkan Ballie di CES 2020 (Foto: Slash Gears)

LAS VEGAS, iNews.id - Samsung memberikan sebuah kejutan di panggung CES 2020. Perusahaan elektronik asal Korea Selatan ini bukan mengumumkan ponsel atau tablet baru melainkan sebuah robot bernama Ballie.

Selama keynote Age of Experience Samsung memperlihatkan kemampuan Ballie. Dari demi yang diperlihatkan, Ballie tampak bertindak sebagai komandan rumah cerdas.

Sebagai contoh, saat anjing di rumah menumpahkan semangkuk makanan di lantai, Ballie memanggil Roomba untuk membersihkannya. Ballie juga terlihat membuka tirai untuk membangunkan pemilik rumah di pagi hari.

Dikutip dari Slash Gears, Selasa (7/1/2020), Co-CEO H.S. Kim mengatakan Samsung mempunyai visi robot yang bertindak sebagai teman hidup. Raksasa elektronik ini menyarankan Ballie dapat melakukan hal-hal menarik seperti memotivasi Anda untuk berolahraga saat malas.

Samsung juga memberikan kesan Ballie dapat meminta bantuan dalam kasus medis darurat. Misalnya, ketika orangtua jatuh dan tidak bisa bangun. Pada akhirnya, Ballie memiliki berbagai kegunaan di rumah.

Untuk diketahui, Samsung adalah salah satu perusahaan teknologi yang membuat perangkat lebih pintar. Disebut sebagai internet of things (IoT), gagasan ini bertujuan untuk membuat hidup manusia lebih mudah.

Kendati demikian, banyak dari perangkat pintar masih tidak berbicara satu sama lain dan sering kali tak sepintar yang dijanjikan. Tapi, Samsung dan lainnya percaya itu semua akan berubah berkat kecerdasan buatan.

"Perangkat yang Anda gunakan akan memahami Anda sebagai individu, mengaburkan batas-batas antara dunia digital dan fisik, serta mengubah cara Anda berinteraksi dengan kota atau komunitas," tulis Kim pekan lalu yang dikutip dari Cnet.

Editor : Dini Listiyani