Tips Menggunakan AirPods di Smartphone Android

Dini Listiyani ยท Senin, 17 Februari 2020 - 10:45 WIB
Tips Menggunakan AirPods di Smartphone Android

AirPods 2 (Foto: Apple)

JAKARTA, iNews.id - AirPods tidak hanya bisa dinikmati pengguna iPhone saja. Pemilik Android juga bisa lho menggunakan AirPods tanpa perlu beralih ke iPhone.

Memang, untuk menikmati AirPods di perangkat Android diperlukan usaha ekstra dibanding menggunakan iPhone. Saat mem-pairing AirPods ke ponsel Android, tentu saja Anda tidak mendapatkan metode istimewa Apple, yang hanya perlu membuka casing dan menunggu prompt muncul.

Sebagai gantinya, pemilik smartphone Android perlu masuk ke pengaturan Bluetooh agar bisa memasangkan AirPods ke perangkat. Nah, berikut ini cara menggunakan airpods sebagaimana dikutip iNews.id dari Cnet, Senin (15/2/2020).

1. Swipe ke bawah layar untuk membuka panel pengaturan cepat. Lalu, tahan lama pada ikon Bluetooth.
2. Kemudian Anda akan dihadapkan pilihan untuk menambahkan perangkat baru atau Pair new device.
3. Dengan AirPods dalam chaging case, maka buka casing-nya.
4. Di bagian belakang casing ada tombol kecil. Tekan dan tahan sampai lampu indikator mulai berkedip putih.
5. AirPods Anda kemudian akan muncul di menu pairing pada ponsel Android Anda. Select mereka dan ikuti setiap petunjuk pada ponsel Anda.

Dengan AirPods yang terhubung ke smartphone Android, Anda dapat menggunakannya seperti headphone atau earbud Bluetooth lainnya. AirPods akan terhubung secara otomatis saat dikeluarkan dari casing dan memutuskan sambungan ketika dikembalikan ke casing.

Meski pemilik smartphone Android dapat menggunakan AirPods di ponsel mereka, ada beberapa fitur yang hilang. Biasanya, jika tidak menggunakan AirPods dengan iPhone atau produk Apple lainnya, Anda tak dapat mengakses setiap fitur.

Salah satu fitur yang dilewatkan saat memasangkan AirPods ke Android adalah jeda otomatis dan lanjutkan saat Anda mengambil AirPods keluar dan memasukkan kembali ke telinga. Namun, aplikasi pihak ketiga AirBattery mengklaim mendukung jeda otomatis sebagai fitur beta. Hanya saja fitur dapat digunakan saat Anda memutar musik dari Spotify.

Selain itu, pemilik Android tidak akan dapat memicu Google Assistant dengan AirPods, layaknya yang dapat dilakukan pengguna iPhone untuk Siri. Pasalnya, Apple memprogram earbud-nya untuk bekerja dengan asisten suaranya sendiri, bukan milik pesaing.

Editor : Dini Listiyani