3 Aplikasi untuk Periksa Ponsel Android Anda Berjalan dengan Benar

Dini Listiyani ยท Selasa, 26 Mei 2020 - 12:10 WIB
3 Aplikasi untuk Periksa Ponsel Android Anda Berjalan dengan Benar

Smartphone (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Smartphone mempunyai banyak komponen di dalamnya. Jika salah satu komponen tidak berfungsi dengan benar, maka seluruh pengalaman Anda akan rusak. 

Untuk mencari masalah komponen di perangkat Anda bukan sesuatu yang mudah. Namun, berkat adanya aplikasi khusus, Anda bisa mencari tahu sektor mana yang rusak di perangkat Android Anda. 

Nah, berikut ini daftar aplikasi-aplikasi yang dapat membantu Anda mencari tahu apakah perangkat Android berjalan dengan baik atau tidak sebagaimana dikutip dari Makeuseof, Selasa (26/5/2020).

Phone Doctor Plus

Phone Doctor Plus memungkinkan penggunanya menjalankan serangkaian pemeriksaan sistem hardware untuk memastikan setiap bit ponsel berfungsi dengan baik. Tes yang dilakukan antara Phone Doctor Plus dan Phone Check relatif sama.

Tapi, Phone Doctor Plus mempunyai UI yang memberikan pengalaman keseluruhan yang lebih baik. Setidaknya, itu terlihat seacara visual. Phone Doctor Plus memiliki 30 atau lebih pengujian hardware untuk smartphone Anda. 

Pengujian mencakup sensor movement, display test, celluler dan jaringan koneksi, tes sensor suhu atau kelembaban, dan CPU, memori, storage benchmarking.

Dead Pixels Test and Fix

Dead Pixels Test and Fix menjalankan pemindaian yang mirip dengan aplikasi dead pixels Android lainnya. Beberapa pixel yang stuck adalah cacat hardware dan tidak dapat diperbaiki oleh aplikasi apa pun. 

Dead Pixels and Fix berupaya untuk memperbaiki cacat sub-pixel parsial, sub-pixel stuck, cacat dark dan bright dot, serta phantom images. Proses ini dapat memakan waktu beberapa menit hingga lebih dari satu jam. 

Pengembang menyarankan jika Anda tidak melihat peningkatan dalam beberapa jam, aplikasi tidak akan bisa memperbaiki masalah Anda. 

AccuBattery

Battery life dan degradasi adalah beberapa aspek paling menyebalkan. Baterai Anda tampaknya berfungsi dengan baik pada satu saat. Lalu, pada saat berikutnya baterai crash dengan 25 persen daya tersisa. 

aplikasi AccuBattery tidak secara ajaib memperbaiki masalah baterai Anda. Jika baterai mati, tidak ada aplikasi yang dapat membantu. Namun, AccuBattery menjalankan daftar pemeriksaan kesehatan baterai tertentu sebagai upaya untuk mencaritahu siklus hidup baterai.

Aplikasi AccuBattery menampilkan informasi yang berguna seperti kapasitas baterai saat ini vs yang diinginkan. Anda juga akan mengetahui seberapa banyak pemakaian baterai Anda bertahan setiap pengisian daya dan bagaimana daya digunakan setiap aplikasi.

Editor : Dini Listiyani