3 Masalah Fisik yang Bisa Dialami ketika Terlalu Banyak Bermain Ponsel

Siska Permata Sari ยท Minggu, 18 Oktober 2020 - 19:00 WIB
3 Masalah Fisik yang Bisa Dialami ketika Terlalu Banyak Bermain Ponsel

Terlalu banyak bermain ponsel bisa menyebabkan masalah fisik. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Ponsel telah menjadi barang primer bagi sebagian orang. Mereka memanfaatkan ponsel untuk urusan pekerjaan hingga bersosial.

Apalagi di masa pandemi Covid-19, di mana waktu berinteraksi secara langsung dengan orang lain sangat dibatasi. Alhasil urusan pekerjaan, berinteraksi dengan teman, sahabat, hingga orang-orang terdekat, harus menggunakan perangkat digital seperti ponsel.

Walaupun demikian, Anda harus tetap memiliki batas waktu dalam menggunakan ponsel, jangan sampai berlebihan. Sebab bila screen time Anda terlalu banyak, ada beberapa masalah yang mungkin bisa Anda alami.

Apa saja? Berikut masalah fisik akibat bermian ponsel terlalu lama, seperti dilansir dari Huff Post, Minggu (18/10/2020).

1. Cyber sickness

Sesuai dengan namanya, cyber sickness merupakan penyakit akibat keseringan membuka perangkat digital. Gejalanya meliputi sakit kepala hingga perasaan pusing. Hal ini dapat terjadi saat Anda menggulir layar dengan cepat di ponsel pintar atau menonton video penuh aksi.

Penyakit digital ini dapat terjadi pada siapa saja, meskipun penelitian mengungkapkan bahwa penyakit ini lebih rentan memengaruhi wanita daripada pria. Mereka yang memiliki riwayat migrain juga lebih rentan dengan masalah ini.

2. Text claw

Pengguna teks yang rajin dan penggemar Candy Crush mungkin akan mengalami text claw, istilah tidak resmi untuk nyeri dan kram yang terasa di jari, pergelangan tangan, dan lengan bawah setelah penggunaan ponsel yang berat.

Aktivitas motorik tertentu apa pun dapat menyebabkan nyeri pada tendon dan otot jika dilakukan berulang kali. Jadi jika Anda selalu menggunakan ponsel, wajar jika Anda merasakan ketidaknyamanan di tangan dan lengan bawah.

3. Mata tegang

Apakah Anda menatap layar selama berjam-jam? Jika iya, masalah satu ini pasti sering atau sedang Anda rasakan. Menatap perangkat digital Anda dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan mata perih, iritasi, dan kering. Ini menimbulkan sakit kepala dan kelelahan, yang pada akhirnya dapat menurunkan produktivitas Anda.

Dalam kebanyakan kasus, ketegangan mata bukanlah masalah serius dan dapat diatasi dengan jeda atau hanya mengambil waktu istirahat. Para ahli menyarankan untuk mengambil jeda layar setiap 20 menit. Selama 20 detik, biarkan mata Anda memindai ruangan atau melihat ke benda-benda lain selain layar.

Editor : Tuty Ocktaviany