Apple Berencana Umumkan Peralihan Mac Intel ke ARM di WWDC 2020

Dini Listiyani ยท Rabu, 10 Juni 2020 - 14:07 WIB
Apple Berencana Umumkan Peralihan Mac Intel ke ARM di WWDC 2020

Mac Pro (Foto: Apple)

CUPERTINO, iNews.id - Apple berencana mengumumkan perusahaan beralih dari chip Intel ke ARM untuk produk Mac mereka. Rencananya perusahaan pembuat iPhone ini akan mengumumkan perubahan di Worldwide Developers Conference (WWDC) pada akhir Juni 2020.

Kabar Apple beralih menggunakan prosesor berbasis ARM di Mac sudah ada selama bertahun-tahun. Tapi, laporan baru dari Bloomberg mengklaim pergeseran itu sudah dekat, dan Mac pertama yang ditenagai oleh prosesor berbasis ARM akan tiba pada tahun 2021.

Apple dilaporkan memiliki setidaknya tiga prosesor Mac berbasis ARM dalam pengembangan. Meskipun rilis hardware berbasis ARM yang sebenarnya masih beberapa bulan lagi, Apple perlu mengumumkan rencananya kepada publik guna memberi pengembang waktu mengoptimalkan software mereka untuk arsitektur baru. 

Bloomberg melaporkan perubahan tersebut didorong oleh perlambatan perolehan kinerja Intel. Plus, uji internal Apple terhadap Mac dengan chip berbasis ARM telah menunjukkan peningkatan kinerja besar, sebagaimana dikutip dari The Verge, Rabu (10/6/2020).

Peningkatan efisiensi daya prosesor berbasis ARM dapat menghasilkan MacBook yang lebih tipis dan lebih ringan di masa depan. Namun mereka masih akan menjalankan MacOS yang berfokus pada desktop.  

Menurut Bloomberg, pergeseran ke ARM pada akhirnya akan mencakup seluruh jajaran Mac. Terakhir kali Apple mengumumkan perubahan prosesor besar seperti ini pada konferensi pengembang 2005.

Pada saat itu Steve Jobs naik ke panggung untuk mengatakan perusahaan akan beralih dari PowerPC ke Intel. Komputer Apple pertama yang ditenagai oleh Intel diluncurkan pada tahun berikutnya.

Editor : Dini Listiyani