Selamatkan Nyawa, Apple Watch Memanggil 911 Usai Deteksi Pengguna Pingsan

Dini Listiyani ยท Sabtu, 06 Juni 2020 - 14:07 WIB
Selamatkan Nyawa, Apple Watch Memanggil 911 Usai Deteksi Pengguna Pingsan

Apple Watch Series 4 (Foto: Apple)

CALIFORNIA, iNews.id - Fitur pendeteksi jatuh Apple Watch mampu membantu menyelamat nyawa seorang pria. Berkat fitur, pria yang membutuhkan perawatan medis segera mungkin bisa langsung ditangani.

Dalam sebuah cerita yang pertama dipublikasi melalui KTAR News, dikisahkan seorang pengguna Apple Watch pingsan dan tidak sadarkan diri. Tak lama, Apple Watch memanggil 911 dan menyampaikan lokasi pengguna, sehingga responder pertama tiba dengan cepat.

“Dia tidak akan pernah bisa memberi kita lokasinya atau informasi apa pun mengenai apa yang sedang terjadi. Dia bahkan tidak menyadari bantuan datang sampai kita berada di sana,” kata Dispatch Supervisor Adriana Cacciola kepada KTAR News.

Seperti diketahui fitur pendeteksi jatuh, yang pertama kali diperkenalkan pada Apple Watch Series 4 dapat diandalkan. Cara kerjanya cukup pintar.

Saat accelerometer pada perangkat mendeteksi jatuh, sensor pada Apple Watch kemudian bersiaga mendeteksi gerakan apa pun. Jika tidak ada gerakan setelah 1 menit, maka pengguna dianggap tidak bergerak.

Lalu, panggilan otomatis 911 dilakukan secara otomatis. Salah satu kisah yang lebih menarik melibatkan fitur fall detection terjadi tahun lalu saat seorang pejalan kaki di New Jersey jatuh dari tebing besar dan menderita sejumlah cedera serius.

Dalam situasi itu, Apple Watch mendeteksi jatuh dan menelepon 911. Kisah serupa juga dialami oleh seorang pria paruh baya yang jatuh di kamar mandi dan langsung pingsan, sebagaimana dikutip dari BGR, Sabtu (6/6/2020).

Apple Watch memanggil 911, mengungkapkan lokasinya, dan personel darurat tiba di tempat kejadian dan menemukannya berdarah. Pria itu menderita tiga patah tulang parah akibat terjatuh.

Editor : Dini Listiyani