Astronom Temukan Atmosfer Venus Mengandung Asam Amino

Dini Listiyani ยท Sabtu, 17 Oktober 2020 - 13:08 WIB
Astronom Temukan Atmosfer Venus Mengandung Asam Amino

Planet Venus (Foto: NASA)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Penemuan biomarker fosfin potensial di atmosfer bagian atas planet bulan lalu menarik banyak perhatian. Namun, masih ada beberapa ketidakpastian seputar arti penemuan fosfin.

Kini, tim peneliti mengklaim mereka telah menemukan asam amino glisin di atmosfer Venus. Makalah yang mengumumkan temuan tersebut berjudul ‘Detection of simplest amino acid glycine in the atmosphere of the Venus.’

Penulis utama adalah Arijit Manna, a Ph.D. Research Scholar in the Dept. of Physics at Midnapore College in West Bengal, India. Makalah ini ada di situs pra-cetak arxiv.org, yang berarti belum ditinjau sejawat dan diterbitkan dalam jurnal.

Ada sekitar 500 asam amino yang diketahui. Tapi, hanya 20 yang ada dalam kode genetik. Glisin adalah yang paling sederhana. Meskipun glisin dan asam amino lainnya bukanlah tanda biologis, mereka adalah beberapa bahan penyusun kehidupan.

Faktanya, mereka adalah bahan penyusun protein. Mereka juga merupakan molekul organik pertama yang muncul di Bumi. Glisin penting untuk pengembangan protein dan senyawa biologis lainnya.

Para peneliti menggunakan Atacama Large Millimeter / submillimeter Array (ALMA) untuk mendeteksi glisin di atmosfer Venus dengan spektroskopi. Mereka menemukannya di garis lintang tengah, dekat ekuator. Di situlah sinyalnya terkuat, dan tidak ada yang terdeteksi di kutub.

Dikutip dari Science Alert, Sabtu (17/10/2020), dalam makalah mereka, penulis menulis ‘Deteksi di atmosfer Venus mungkin menjadi salah satu kunci untuk memahami mekanisme pembentukan molekul prebiotik di atmosfer Venus. Atmosfer bagian atas Venus mungkin melalui metode biologis yang hampir sama seperti Bumi miliaran tahun yang lalu.’

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2 3 Tampilkan Semua