Cara Mengetahui Smartphone Anda Kena Retas

Dini Listiyani · Minggu, 05 September 2021 - 07:03:00 WIB
Cara Mengetahui Smartphone Anda Kena Retas
Cara Mengetahui Smartphone Anda Kena Retas (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Setiap orang memiliki smartphone untuk menunjang kegiatan sehari-hari mereka. Jadi, pengguna smartphone perlu menjaga perangkat mereka tetap aman.

Jika ponsel bertingkah aneh, Anda perlu curiga. Karena, terkadang tingkah aneh ponsel bisa disebabkan oleh malware, aplikasi scam, atau masalah lainnya. 

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui atau mengenali tanda-tanda smartphone diretas. Berikut ini cara mengetahui tanda-tanda ponsel Anda diretas sebagaimana dikutip dari Make use of.

1. Daya Tahan Baterai Buruk

Salah satu cara terbaik untuk melihat apakah ponsel Anda diretas adalah dengan memeriksa penggunaan baterai. Jika ponsel Anda panas tanpa alasan, bahkan saat tidak diisi dayanya, mungkin ada sesuatu yang berjalan di background saat layar mati. 

Beberapa malware tercanggih masih dapat meninggalkan jejak di ponsel atau tablet. Jadi, mulailah dengan memeriksa menu penggunaan baterai. 

2. Periksa Pemasangan Aplikasi yang Tidak Diinginkan Secara Acak

Tanda lain dari malware atau peretasan telepon adalah jika Anda melihat aplikasi acak terinstal di ponsel Anda. Ini adalah aplikasi yang tidak Anda instal sendiri. Aplikasi atau situs jahat dapat menginstal program di ponsel Anda dan mengirim informasi sensitif kembali ke pihak ketiga.

Jangan lewatkan ini: kemungkinan besar perangkat Anda telah diretas. Terkadang, itu tidak akan menggunakan banyak masa pakai baterai, tetapi masih dapat membahayakan dan menguras data Anda. Jika Anda menemukannya, berikut cara menghilangkannya.

3. Penggunaan Data Luar Biasa Tinggi

Kebanyakan orang memiliki paket data tak terbatas sehingga mereka tidak melihat menu "Penggunaan Data" di pengaturan. Tetapi jika Android Anda bermasalah, dan Anda ingin memeriksa apakah ponsel Anda diretas, ini adalah cara mudah lain untuk memeriksa masalah.

Jika Anda memiliki virus, itu bisa mengirim data pribadi Anda kembali ke pihak ketiga melalui aplikasi yang terus berjalan dan berkomunikasi dengan pelaku jahat. Untuk memeriksa, buka Pengaturan> Koneksi & WiFi> Penggunaan Data dan lihat sebentar.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: