Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Dini Listiyani ยท Selasa, 16 November 2021 - 16:16:00 WIB
Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi
Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id -  Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi sangat mudah. Sayangnya, tidak semua pengguna smartphone mengetahui cara mengosongkan ruang penyimpanan tersebut.

Seiring dengan waktu ruang di smartphone Anda semakin terpakai. Guna mengosongkan ruang di smartphone, Anda bisa melakukan beberapa cara yang mudah untuk diikuti pemilik smartphone.

Bagaimana cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi? Berikut ini adalah beberapa saran tentang cara mendapatkan kembali sebagaian dari penyimpanan itu.

Gunakan Alat Free Up Space
Android memiliki alat bawaan untuk membantu Anda meningkatkan jumlah penyimpanan yang dapat digunakan pada ponsel Anda. Sangat mudah untuk menemukannya seperti di bawah ini:

1. Buka pengaturan ponsel Anda, pilih Storage. Anda akan melihat informasi tentang berapa banyak ruang yang digunakan dan daftar kategori file

2. Tap tombol Free Up Space

3. Anda akan dipindahkan ke aplikasi Google File, khususnya ke Clean, yang menawarkan saran tentang cara mengosongkan ruang dengan membuang file sampah, tangkapan layar yang dihapus, foto besar, media yang dicadangkan, dan aplikasi yang tidak digunakan; mungkin ada saran lain juga.

Dikutip dari The Verge, Selasa (16/11/2021), ada alat praktis lainnya di bagian Storage. Misalnya, Anda dapat mengetahui berapa banyak ruang yang digunakan setiap aplikasi Anda:

1. Di Penyimpanan, ketuk Aplikasi. Anda akan mendapatkan daftar semua aplikasi Anda, bersama dengan berapa banyak ruang yang digunakan masing-masing aplikasi.
2. Ketuk nama aplikasi. Anda sekarang dapat melihat ukuran aplikasi, berapa banyak penyimpanan yang tersedia yang digunakan oleh data pengguna, dan berapa banyak ruang yang digunakan oleh cache. Dua tombol memungkinkan Anda "Hapus penyimpanan" atau "Hapus cache."

Perlu diingat, biasanya aman untuk mengosongkan cache. Namun, sebelum Anda menekan "Hapus penyimpanan", periksa untuk melihat apa data pengguna Anda. Anda tidak ingin menghapus media atau dokumen penting secara tidak sengaja.

Terakhir, ada tombol tersembunyi untuk fitur yang disebut "Penyimpanan Cerdas", yang memberikan izin ponsel Anda untuk menghapus foto yang dicadangkan secara otomatis setelah 60 hari. Ini juga akan secara otomatis menghapus foto dan video yang dicadangkan jika penyimpanan di perangkat Anda memiliki sisa ruang kurang dari 25 persen. Anda mengaktifkan (atau menonaktifkan) melalui aplikasi File Google.

1. Buka aplikasi File dan ketuk tiga garis paralel di sudut kiri atas.
2. Pilih Pengaturan.
3. Cari pengaturan Penyimpanan Cerdas dan aktifkan.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: