Cara Meningkatkan Performa CPU/GPU Android untuk Main Game

Dini Listiyani ยท Sabtu, 27 November 2021 - 09:40:00 WIB
Cara Meningkatkan Performa CPU/GPU Android untuk Main Game
Cara Meningkatkan Performa CPU/GPU Android untuk Main Game (Foto: Onur Binay/Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Cara meningkatkan performa CPU/GPU Android untuk main game tidak begitu mudah. Proses yang dijalani agar performa GPU/GPU meningkat akan terasa asing bagi sejumlah pengguna. 

Ada sejumlah alasan seseorang ingin meningkatkan performa CPU/GPU Android mereka. Karena, biasanya seiring dengan waktu perangkat Android juga akan semakin melambat, dan di sini overclocking bisa berguna. 

Overclocking perangkat berarti memaksa ponsel Android Anda bekerja pada daya maksimum. Sebagai contoh, jika prosesor Anda berjalan pada 1,8GHz, Anda dapat overclock untuk bekerja pada kecepatan yang lebih tinggi. 

Anda juga dapat melakukan underclock perangkat untuk mengurangi kecepatan clock maksimum. Dikutip dari Gizbot, sayangnya ada kekurangan yang menyertai overclocking atau underclocking.

Memaksa perangkat bekerja pada tingkat maksimum dapat membuatnya menjadi terlalu panas. Selain itu, overclocking juga membuat perangkat menghabiskan lebih banyak masa pakai baterai. Hal yang paling penting, overclocking bisa membatalkan garansi ponsel.

Namun, jika semuanya tidak masala untuk Anda, ada beberapa hal yang perlu dilakukann sebelum overclocking:

1. Root Perangkat Android

2. Isi daya ponsel hingga penuh

3. Backup files

Cara Meningkatkan Performa CPU/GPU Android untuk Main Game dengan Overclocking
1. Seperti dijelaskan langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah root perangkat

2. Setelah rooting perangkat, Anda harus download dan install SetCPU bagi pengguna Android. Usai menginstalnya, luncurkan aplikasi dan hal ini akan memberikan akses Superuser

3. Usai instal SetCPU, Anda harus mengizinkan aplikasi memindai kecepatan prosesor yang tersedia. Setelah perangkat terdeteksi, Anda harus menyeimbangkan kecepatan minimun dan meksmimum untuk perpindahan CPU Android. Klik Set to Boot saat Anda merasa kecepatan perangat stabil.

4. Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan membuat profil sehingga dapat mengatur syarat dan ketentuan kapan SetCPU harus melakukan underclock atau overclock kecepatan prosesor Anda.

5. Mengambil Battery Charging sebagai contoh untuk profil, Anda dapat membuat profil yang menutupi perangkat saat sedang mengisi daya. Anda bisa memiliki berbagai prioritas sesuai dengan preferensi Anda untuk setiap profil yang dibuat.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: