Cara Merekam Panggilan Telepon di iPhone

Dini Listiyani ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 15:04:00 WIB
Cara Merekam Panggilan Telepon di iPhone
Cara merekam panggilan telepon di iPhone (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Apple tidak menyematkan record phone call di dalam iPhone. Sebagai hasil dari undang-undang khusus negara, Apple tidak membuatnya mudah untuk merekam panggilan ponsel.

Namun, bila ingin tetap merekam panggilan ponsel, Anda bisa melakukannnya. iPhone mempunyai sejumlah solusi yang dapat digunakan untuk merekam panggilan ponsel.

Ingin tahu bagaimana cara untuk merekam panggilan ponsel? Berikut ini tipsnya yang dirangkum iNews.id dari Makeuseof, Kamis (9/7/2020).

Cara Merekam Panggilan di iPhone Tanpa Aplikasi
Cara yang satu ini mungkin yang tercepat dan termudah untuk merekam panggilan telepon. Anda membutuhkan perangkat lain dengan mikrofon yang dapat merekam. Misalnya, iPad, komputer, atau perangkat rekaman portable.

Asalnya Anda berada di lingkungan yang sunyi dan dapat menggunakan speaker ponsel, merekam bisa dengan mudah dilakukan. Berikut caranya:
1. Panggil kontak Anda dan tap ikon Speaker. Jika memiliki headphone Bluetooth yang terhubung, Anda harus memilih speaker iPhone dari daftar.
2. Beritahu pihak lain, Anda akan merekam percakapan. Pada perekam eksternal, mulailah merekam.
3. Tempatkan ponsel cukup dekat dengan mikrofon, sehingga saat berbicara, mic juga dapat mendengarkan suara Anda dengan jelas.
4. Simpan rekaman saat panggilan telepon Anda selesai.

Pada perangkat iOS, Anda bisa merekam panggilan menggunakan aplikasi Voice Memos Apple. Di Mac atau PC, direkomendasikan free audio editing dan recording Audacity.

Merekam Panggilan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga
Ada segala macam perekam panggilan iPhone pihak ketiga yang tersedia di luar sana. Salah satu aplikasi perekaman panggilan gratis untuk iPhone adalah Rev Call Recorder.

Pertama-tama, unduh dan buka aplikasi. Anda harus mengkonfirmasi nomor telepon dengan menambahkannya saat diminta dan memasukkan kode yang Anda terima. Prosesnya sedikit rumit, tapi untungnya aplikasi menawarkan tutorial bawaan.

Setelah selesai, tap Start Recorded Call, lalu pilih Outgoing Call atau Incoming Call. Untuk panggilan keluar, Anda perlu memanggil layanan Rev Call Recorder lalu memanggil orang yang ingin Anda ajak bicara.

Usai kedua panggilan tersambung, tap tombol Merger Calls untuk mulai merekam. Nah, untuk panggilan masuk prosesnya sedikit berbeda tapi sederhana.

Setelah panggilan selesai, Rev akan menghubungi Anda saat rekaman siap diunduh. Ini adalah titik di mana aplikasi akan menawarkann tambahan, tapi ini semua opsional.

Kelebihan utama dari Rev Call Recorder tidak seperti kebanyakan layanan rekaman panggilan lainnya. Orang yang Anda ajak bicara akan melihat nomor telepon, bukan nomor yang tidak dikenal.

Tentu saja, panggilan Anda simpan di server perusahaan lain. Jadi, Anda mungkin tidak ingin menggunakan layanan ini untuk masalah pribadi atau sensitif. 


Editor : Dini Listiyani