Galaxy Tab S6, Tablet yang Menawarkan Pengalaman Mirip PC

Dini Listiyani ยท Senin, 02 Desember 2019 - 13:15 WIB
Galaxy Tab S6, Tablet yang Menawarkan Pengalaman Mirip PC

Galaxy Tab S6 (Foto: Samsung)

JAKARTA, iNews.id - Samsung Galaxy Tab S6 adalah salah satu tablet paling baru yang dimiliki Samsung. Berkat Samsung Dex, tablet mampu menawarkan pengalaman menggunakan komputer yang baik.

Samsung Galaxy Tab S6 hadir sebagai tablet premium. Tentu saja, desain yang dibawa Galaxy Tab S6 terlihat elegan dan kokoh.

Selain desain yang elegan, ada sejumlah fitur menarik yang dibawa oleh Galaxy Tab S6. Nah, berikut ini ulasan tablet premium Samsung terbaru, Galaxy Tab S6.

Tampak depan Galaxy Tab S6
Tampak depan Galaxy Tab S6

 

 

Desain
Galaxy Tab S6 mempunyai desain premium karena tubuhnya menggunakan material aluminium. Bagian belakangnya dibuat tidak mengkilap atau bahkan cenderung menggunakan warna dof.

Jadi, bagian belakangnya tidak licin dan juga tidak cepat terlihat kotor. Di bagian belakang, tepatnya sebelah kiri terdapat tempat yang mendukung magnetic untuk menaruh S Pen.

Karena mendukung magnetic, pengguna hanya perlu menempelkan S Pen di bagian belakang yang telah disediakan. Secara body, Galaxy Tab S6 tidak terlalu tebal sebab tablet Samsung ini mempunyai dimensi 244.5x159.5x5.7mm.

Di lihat dari sisi per sisi, Galaxy Tab S6 tidak terlalu banyak menyematkan tombol. Di sisi kanan hanya ada tombol power dan volume serta rumah untuk SIM card. Sedangkan di sisi kanan hanya ada konektor untuk menghubungkan tablet dan keyboard.

Bagian bawah Galaxy Tab S6
Bagian bawah Galaxy Tab S6

 

Di bagian bawah, Galaxy Tab S6 terlihat mempunyai dua speaker di sebelah kanan dan kirinya. Speaker tersebut mengapit port USB Type-C yang berfungsi untuk transfer data dan isi daya.

Sayangnya, di Galaxy Tab S6 tidak tersedia headphone jack 3.5mm. Oleh karena itu, untuk mendengarkan audio lewat perangkat ini diperlukan earbud wireless atau dongle khusus.

Secara keseluruhan desain Galaxy Tab S6 tampak kokoh dan solid. Karena ukurannya yang besar jadi tidak terlalu nyaman untuk dibawa tanpa tas.

Layar
Galaxy Tab S6 dilengkapi dengan layar Super AMOLED 10.5 inci. Layar Super AMOLED menawarkan warna yang tajam sehingga pengalaman untuk melihat video menjadi lebih baik.

Layar Galaxy S6 menawarkan sceen-to-body ratio 82.5 persen. Lalu, bezel pada tablet ini tidak terlalu tipis tapi masih cukup luas untuk menawarkan pengalaman entertainment yang baik.

Layar Galaxy Tab S6 juga responsif dalam menerima segala perintah. Tapi karena ukuran layar yang besar jadi kurang nyaman bila mengetik tanpa keyboard.

Layaknya tablet pada umumnya, pengguna dapat mengatur brightness yang ada di tablet tersebut. Menariknya, layar juga menawarkan dua mode yang membuat mata menjadi lebih nyaman saat membaca.

Pertama, layar Galaxy Tab S6 menawarkan blue light filter agar sinar biru tidak menyakiti mata. Lalu, ada juga dark mode yang juga dapat menjaga mata lebih nyaman membaca, terutama saat di ruang gelap atau malam hari.

Galaxy Tab S6 juga mempunyai shortcut ke aplikasi tertentu agar lebih mudah di cari. Untuk mengaksesnya pengguna hanya perlu men-swipe bagian kanan layar ke arah ujung ke tengah.

Secara pribadi dengan ada shortcut ini saya merasa lebih cepat untuk menemukan aplikasi yang diingkan. Apalagi tray shortcut dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna.

Karena mendukung layar Super AMOLED, maka tablet juga sudah mendukung fingerprint di dalam layar untuk membuka kunci perangkat. Sensor cukup cepat untuk membuka kunci perangkat.

Bagian belakang Galaxy Tab S6
Tampak belakang Galaxy Tab S6

 

Kamera
Galaxy Tab S6 sudah dilengkapi dengan dua kamera di bagian belakang. Kamera tersebut mempunyai konfigurasi 13MP dan 5MP.

Untuk ukuran tablet, Galaxy Tab S6 sudah menawarkan sejumlah mode menarik yang tak kalah dengan smartphone. Tablet ini mempunyai mode food, night, panorama, Pro, Live Focus, dan Hyperlapse.

Mode tersebut menurut saya cukup kaya untuk sebuah tablet yang notabene lebih difungsikan untuk kegiatan produktivitas.Saat saya mencoba night mode, warna yang dihadirkan cukup hidup dan terang. Sedangkan foto malam hari tanpa menggunakan night mode warnanya kurang hidup.

Night Mode Galaxy Tab S6
Hasil foto night mode

 

Hasil gambar kamera belakang Galaxy Tab S6 di malam hari
Hasil kamera belakang Galaxy Tab S6

 

Layaknya smartphone premium Samsung, Galaxy Tab S6 ini memungkinkan untuk membuat AR Emoji. Selain itu, tablet Samsung ini juga menawarkan Doodle di kameranya. Dengan begitu, penggunanya dapat melakukan coretan-coretan di foto pengguna.

Hasil kamera belakang dengan mode live focus
Kamera belakang menggunakan live focus

Uniknya, kamera Galaxy Tab S6 juga punya shot suggest agar foto menjadi lebih baik. Pengalaman saya menggunakannya, kamera akan mengatakan ‘best shot’ saat diarahkan ke obyek yang ingin di foto.

Untuk video, kamera depan menawarkan resolusi HD dan FHD. Sedangkan untuk kamera belakang kamera menawarkan video beresolusi UHD, FHD, dan HD. Pada video, Samsung juga menawarkan stabilization agar hasilnya tidak goyang.

Beralih ke kamera depan, Galaxy Tab S6 sudah dibekali dengan 8MP. Hasil gambar yang diambil menggunakan tablet seluas 10.5 inci ini memang tidak terlalu clear tapi cukup bisa diandalan dalam kategori tablet.

Hasil kamera depan Galaxy Tab S6
Hasil foto selfie

 

Performa
Berada di jajaran tablet premium, Galaxy Tab S6 ditopang dengan chip kelas atas juga. Galaxy Tab S6 ditenagai oleh Snapdragon 855 di dalamnya.

Kinerja tablet ini semakin kencang berkat dukungan RAM 6GB di dalamnya. Kemudian, pengguna juga dapat menyimpan banyak file di dalamnya berkat dukungan ROM 128GB.

Secara kinerja, Galaxy Tab S6 cukup cepat diajak multitasking. Perangkat juga cukup cepat dalam merespons perintah yang diberikan. Dari hasil benchmark AnTuTu, Galaxy Tab S6 juga menghasilkan skor cukup tinggi yakni 376039.

Hasil benchmark AnTuTu Galaxy Tab S6
Hasil benchmark AnTuTu

 

Karena Galaxy Tab S6 ditopang baterai berkapasitas 7040 mAh, tablet dapat tahan lama. Berdasarkan pengalaman saya, dalam waktu standby perangkat pernah bertahan hingga 4 hari, dengan sisa baterai yang masih cukup banyak.

Kemudian saat digunakan untuk menonton video atau kegiatan entertaimen lainnya seperti mendengarkan lagu dan bekerja, tablet masih dapat bertahan seharian.

Di antara semua fitur yang ada, Samsung Dex adalah fitur menarik bagi saya. Sebab fitur ini menawarkan pengalaman komputer di dalam tablet.

Galaxy Tab S6 dengan mode Dex
Galaxy Tab S6 dengan mode Dex

 

Jadi, saya tidak perlu membawa laptop yang berat untuk keperluan kerja ringan. Galaxy Tab S6 sudah bisa mengakomodir kebutuhan saya untuk mengetik berita tanpa harus membawa perangkat yang berat. Anda juga bisa membuat tampilan Dex pada perangkat Galaxy Tab S6 dengan cara menghubungkannya ke HDMI.

Kendati demikian, saat menggunakan Galaxy Tab S6 dalam mode Dex, Anda tidak bisa menikmatik sejumlah fitur full seperti tablet biasa. Misalnya, menonton Neflix dalam mode Dex, pengguna tidak dapat memperluas tampilan secara menyeluruh. Lalu, saat menggunakan kamera, tidak ditawarkan mode layaknya tablet.

S Pen
Posisi S Pen Tab S6 diletakkan di belakang perangkat, dengan mengandalkan magnetic agar bisa menempel. Berkat kehadiran S Pen, saya merasa lebih mudah untuk membuat catatan dan menggambar.

Bentuk S Pen Samsung masih sama seperti stylus pada umumnya. Bentuknya mirip pulpen dengan ujung tumpul untuk “mencoret-coret” layar.

Berbekal konektivitas Bluetooth, perangkat dapat dikontrol dari jarak jauh dengan menekan tombol yang terletak pada S Pen. Di samping itu, S Pen juga masih memiliki kemampuan S Pen Air action.

Dengan S Pen Air action ini yang diperbarui memungkinkan Anda mengontrol tablet secara intuitif dengan gerakan tangan. Jadi, presentasi atau kontrol pemutaran musik dapat dilakukan tanpa meraih tablet.

Saya sendiri mencoba S Pen untuk foto selfie. Tanpa harus menunjukkan S Pen ke arah perangkat, selfie masih tetap bisa dilakukan hanya dengan mengklik tombol yang ada di stylus.

Kesimpulan
Galaxy Tab S6 adalah tablet powerful yang dapat menawarkan pengalaman PC. Bagi orang yang malas untuk membawa perangkat yang berat di tas untuk keperluan presentasi dengan klien cocok menggunakan tablet ini.

Layar Galaxy Tab S6 seluas 10.5 inci cukup mengakomodir pekerjaan dan puas untuk menonton video. Apalagi suara yang ditawarkan pada tablet ini juga cukup jernih.

Selain itu, batarai yang ditawarkan perangkat ini juga menjadi daya tarik sendiri. Dengan baterai berkapasitas 7040 mAh, Anda tidak perlu bolak-balik mengisi daya perangkat.

Sayangnya, tablet premium Samsung ini tidak dilengkapi dengan headphone jack 3.5mm. Jadi, pengguna tidak bisa menggunakan headset lamanya pada perangkat ini.

Di Indonesia Galaxy Tab S6 dibanderol Rp11.999.000. Di situs resmi Samsung Indonesia tertera juga harga book cover untuk Galaxy Tab S6 yakni Rp2.199.000.


Editor : Dini Listiyani