Mudah Banget, Begini Cara Kalibrasi Baterai iPhone

Dini Listiyani · Senin, 03 Mei 2021 - 13:09:00 WIB
Mudah Banget, Begini Cara Kalibrasi Baterai iPhone
Ilustrasi iPhone (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Kalibrasi baterai iPhone mungkin tidak diketahui banyak orang. Padahal kalibrasi baterai iPhone adalah bagian yang penting dari perawatan perangkat. 

Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari manfaatnya.  Bahkan, lebih sedikit lagi yang meluangkan waktu untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk kalibrasi. 

Tanpa baterai yang dikalibrasi dengan benar, Anda mungkin akan mengalami pembacaan persentase baterai yang tidak akurat dan tak menentu, pengurasan yang lebih cepat, serta total umur yang lebih pendek. Jika iPhone Anda mati secara tidak terduga saat presentase masa pakai mencapai satu digit, kalibrasi yang buruk hampir menjadi penyebabnya. 

Banyak faktor yang dapat menyebabkan baterai salah dikalibrasi. Pembaruan software, background apps refreshing, fitur baru, dan bahkan penggunana sehari-hari yang biasa saja dapat menyebabkan perbedaan. 

Jika Anda ingin kalibrasi baterai iPhone caranya mudah. Namun sebelum kalibrasi baterai iPhone dimulai, Anda perlu melakukan beberapa hal seperti disable layanan lokasi, disable background refresh, kurangi kecerahan layar, dan matikan automatic updates.

Jika semuanya sudah dimatikan, berikut ini cara kalibrasi baterai iPhone yang dapat dicoba sebagaimana dikutip dari Make Use of, Senin (3/5/2021).

1. Kuras Baterai
Langkah pertama kalibrasi baterai iPhone adalah mengurasnya. Anda bisa melakukannya selama penggunaan normal. Jika ingin mempercepat prosesnya, Anda bisa memutar video panjang di YouTube dengan volume dinaikkan ke level maksimal. 

2. Tunggu Tiga Jam
Anda mungkin telah memerhatikan iPhone akan mati secara otomatis meskipun baterainya hanya tersisa sedikit. Proses ini sudah direncanakan. Ini memberi perangkat kesempatan untuk menyimpan status aplikasi Anda saat ini, sehingga tidak kehilangan data.

Penting untuk membiarkan bata terakhir dari masa pakai baterai mati. Satu-satunya cara untuk melakukan ini adalah menunggu. Lebih lama lebih baik, tapi Anda harus menunggu setidaknya tiga jam. Jika Anda punya waktu, lebih baik membiarkannya semalaman. 

3. Isi Daya Perangkat Anda
Sekarang saatnya mengisi ulang baterai. Untuk memastikan kinerja yang optimal, pastikan Anda mengikuti tiga tip berikut:
- Gunakan stopkontak daripada komputer.
= Idealnya, gunakan pengisi daya Apple resmi. Paling tidak, pastikan Anda menggunakan kabel Lightning yang terpercaya dan bukan tiruan yang murah.
- Lanjutkan mengisi daya selama beberapa jam bahkan setelah ponsel Anda menunjukkan baterai 100 persen penuh. Anda perlu memastikan Anda menekan setiap tetes daya untuk memastikan kalibrasi berfungsi dengan benar.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2