Kenali 5 Jenis Malware dan Cara Mengatasinya

Dini Listiyani ยท Minggu, 22 Juli 2018 - 13:35 WIB
Kenali 5 Jenis Malware dan Cara Mengatasinya

Kenali 5 Jenis Malware dan Cara Mengatasinya (Foto: Android Pit)

JAKARTA, iNews.id - Malware pada dasarnya merupakan kode jahat, software yang dikembangkan dengan maksud mencelakakan atau menimbulkan dampak berbahaya.

Malware bisa digunakan untuk mencuri informasi, hijack mesin orang lain, bahkan memeras uang dari korbannya. Sebenarnya, ada beberapa jenis malware yang bisa menginfeksi perangkat Anda, baik PC maupun smartphone.

Maka untuk memperbaikinya pun, tergantung pada jenis malware yang menginfeksinya. Tapi tak perlu khawatir, berikut ini iNews.id rangkum cara mengatasi malware dari Android Pit sesuai dengan jenisnya, Minggu (22/7/2018).

Virus
Virus bisa menginfeksi korbannya, mengambil alih sebagian atau seluruh fungsi. Virus merusak data atau mencari hal-hal seperti password, nomor kartu kredit, atau informasi sensitif lainnya.

Solusi: Anda mungkin pernah mendengar tentang paket antivirus terkenal seperti bitdefender, Norton, AVG, dan sebagainya. Sebagian besar dari antivirus ini memberikan perlindungan yang baik. Antivirus tidak hanya untuk PC, tapi juga berguna untuk smartphone Anda.

Worm
Worm merupakan virus yang mereplikasi dirinya sendiri melalui jaringan. Worm sering menyebar melalui E-mail. Malware jenis ini membaca dengan teliti address book Anda dan mengirim salinan ke kontak Anda, menyamar sebagai pesan dari akun Anda.

Solusi: Antivirus juga akan membantu Anda di sini, tapi tetap berhati-hati. Jangan buka pesan yang mencurigakan dengan baris subyek generik atau out-of-character, video, atau tautan misterius. Jika Anda tidak yakin, hubungi messenger terpisah untuk memperingatkan mereka mungkin terinfeksi.

Spyware
Malware jenis ini memonitor penggunaan internet Anda, mengirim informasi kembali ke komputer pusat yang kemudian menargetkan korbannya dengan iklan. Spyware yang paling invasif bahkan bisa mengaktifkan webcam Anda.

Solusi: Spyware sangat sulit dihapus secara manual, tapi kebanyakan software antivirus tiba dengan fitur antispyware yang kuat. Avast, Norton, dan Kaspersky Lab beberapa antispyware yang terbaik.

Trojan
Trojan bisa menyamar sebagai program yang sah, bahkan sebagai software antivirus. Malwere memiliki kemampuan menghapus data, membahayakan keamanan, mencuri rincian perbankan Anda, atau mendistribusikan ransomware.

Solusi: Antivirus biasanya bisa menghentikan Trojan sebelum mereka bisa bertindak. Namun, mengenkripsi file Anda yang paling penting bisa memberikan perlindungan ekstra.

Ransomware
Jenis malware ini mungkin yang paling merusak dan canggih. Ransomware sedang menikmati peningkatan popularitas yang mengkhawatirkan belakangan ini. Malware ini memiliki kemampuan memblokir akses ke data korban, mengancam mempublikasikan atau menghapus file yang diambil hingga sejumlah uang dibayarkan.

Solusi: Antivirus normal tidak bisa bekerja cukup baik dalam situasi ini, tapi Acronis menyediakan antiransomware terbaik untuk PC Anda. Acronis Ransomware Protection juga menyediakan backup lokal dan cloud.

Editor : Dini Listiyani