Kenali Dampak Buruk Smartphone untuk Anak

Okezone ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 19:13 WIB
Kenali Dampak Buruk Smartphone untuk Anak

Anak bermain smartphone (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Di era digital ini smartphone dibutuhkan banyak orang. Alhasil, ponsel pintar ini tidak hanya dimiliki oleh orang dewasa saja melainkan anak-anak.

Saat anak-anak memegang smartphone, Anda perlu memberikan pengawasan ekstra. Di balik kecanggihannya, smartphone rupanya membawa efek yang buruk bagi anak-anak.

Dilansir Momjunction, terdapat 4 hal dampak buruk dari penggunaan ponsel oleh anak-anak, mulai dari masalah kesehatan hingga mempengaruhi perilaku anak. Berikut daftarnya.

1. Masalah Kesehatan

Beberapa tahun terakhir, ada banyak spekulasi tentang dampak radiasi ponsel pada tubuh. Studi oleh The Journal of the American Medical Association menggerakan perdebatan ketika menyelidiki dampak ponsel pada aktivitas otak.

Bahaya kesehatan yang mungkin terjadi antara lain tumor non-ganas. Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang menggunakan ponsel memiliki kemungkinan mengembangkan tumor non-ganas di otak dan telinga.

Selain itu, penggunaan ponsel pada anak bisa memicu kanker. WHO telah mengklasifikasikan radiasi ponsel sebagai 'mungkin bersifat karsinogenik bagi manusia'.

Anak-anak menyerap lebih dari 60 persen radiasi ke otak daripada orang dewasa. Kulit, jaringan, dan tulang otak mereka yang lebih tipis memungkinkan mereka untuk menyerap radiasi dua kali lipat dari orang dewasa.

Penggunaan ponsel pada anak-anak juga berpengaruh pada otak. Gelombang radio dari ponsel menembus jauh ke dalam otak, tidak hanya di sekitar telinga. Aktivitas otak yang terganggu dapat mengganggu kemampuan belajar anak-anak dan masalah perilaku lainnya.

2. Ganggu Belajar
Anak-anak, seperti remaja, kecanduan ponsel. Mereka bermain game, mengobrol, dan berbicara dengan teman-teman mereka melalui ponsel setiap saat. Mereka berbicara di telepon selama waktu luang dan mengirim pesan selama pelajaran. Dengan demikian, mereka ketinggalan pelajaran yang diajarkan dan jatuh di belakang siswa lain.

3. Perilaku Tidak Pantas
Penggunaan ponsel dapat membuat anak-anak terlibat dalam perilaku yang tidak pantas. Mengirim pesan teks dan mengirim gambar yang tidak pantas adalah masalah yang semakin besar dengan remaja.

Gambar berada di tangan yang salah, memberi orang lain akses ke foto pribadi. Anak-anak juga dapat mengakses situs porno dari perangkat multimedia mereka.

4. Alat Menyontek saat Ujian
Seorang siswa ketika tengah menjalani ujian, maka dia perlu berkonsentrasi penuh pada soal-soal yang diberikan. Kepemilikan ponsel atau penggunaan ponsel bisa membuka peluang bagi siswa untuk berbuat curang atau menyontek.

Ponsel memiliki fitur kalkulator, atau ruang penyimpanan untuk menyimpan jawaban dari soal-soal. Ponsel juga bisa menjadi alat untuk mengirimkan jawaban di ruang ujian.

Editor : Dini Listiyani