Panduan Memilih Laptop yang Pas untuk Mahasiswa dan Pelajar

Anindita Trinoviana ยท Kamis, 07 Juli 2022 - 19:33:00 WIB
Panduan Memilih Laptop yang Pas untuk Mahasiswa dan Pelajar
(Foto: Ilustrasi/ Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Memilih perangkat laptop tidak boleh sembarangan. Sebab, jika salah pilih, maka laptop bisa saja justru kurang membantu aktivitas. Termasuk untuk kegiatan belajar para pelajar hingga mahasiswa.

Apalagi, untuk pelajar atau mahasiswa yang menempuh bidang ilmu tertentu, maka akan sangat membutuhkan laptop sesuai kebutuhan mereka. Seperti laptop khusus multimedia, desain grafis, dan lainnya. 

Pun dengan kondisi di masa kini, laptop juga semakin dibutuhkan untuk aktivitas belajar secara daring. Maka, kamu harus memiliki laptop yang menunjang kegiatan tersebut.

“Alat ini berfungsi untuk pemroses data  yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk aritmatika atau logika yang operasi besar, tanpa campur tangan manusia yang beroperasi selama pemrosesan,” ujar pakar komputer William M Fouri. 

Lalu, laptop seperti apa yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa? Simak panduan memilih laptop di link ini.

1. Tentukan Jenis dan Prosesornya

Ada beberapa jenis laptop yang tersedia di pasaran. Seperti Mac, Windows, dan Chromebook.

Dari segi harga, laptop Windows biasanya menjadi pilihan pertama karena harganya lebih terjangkau. Sedangkan Mac, terbilang mahal lantaran terbuat dari material dan komponen premium.

Sementara untuk Chromebook, laptop dengan sistem operasi dari Google ini desainnya sangat minimalis dan dirancang untuk pekerjaan ringan. Chromebook kompatibel dengan aplikasi Android di Play Store.

Dari sisi harga beli, laptop Windows dan Chromebook lebih cocok untuk mahasiswa dan pelajar.

Kemudian, untuk jenis proses, kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan rencana pemakaian. Fungsi prosesor sebagai otak perangkat adalah menangkap dan mengolah segala perintah yang user nya ingin lakukan. 

Di Indonesia ada dua jenis prosesor yang beredar di pasaran luas, yaitu Intel dan AMD.

Prosesor Intel ini memiliki kelebihan tidak cepat panas. Dari sisi manfaat, prosesor ini pas dan cocok untuk kamu yang ambil jurusan Teknik, Komputer, dan Arsitek.

Sedangkan, Advanced Micro Devices (AMD) adalah perusahaan terbesar lainnya sebagai kompetitor produsen prosesor setelah Intel. 

Prosesor ini memiliki kelebihan grafis yang baik, cocok untuk multimedia.

Tepat untuk kamu yang mengambil jurusan multimedia, design editing, atau gamer sekalipun.

Editor : Anindita Trinoviana

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda