Pengisian Daya Ponsel Lambat, Ini Penyebabnya yang Sering Anda Tidak Tahu

Siska Permata Sari ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 18:42 WIB
Pengisian Daya Ponsel Lambat, Ini Penyebabnya yang Sering Anda Tidak Tahu

Cek penyebabnya jika pengisian daya ponsel Anda lambat. (Foto: Reader's Digest)

JAKARTA, iNews.id - Pengisian daya ponsel yang lambat kerap menyebalkan ketika Anda harus membuat baterai tetap penuh selama seharian, tetapi Anda terburu-buru untuk pergi. Ini juga menjadi salah satu 'penyakit' yang paling sering dan tak jarang tidak bersumber dari ponselnya. Lalu apa?

Berikut deretan alasan atau penyebab pengisian daya ponsel Anda menjadi lambat, seperti dirangkum dari Reader Digest, Selasa (14/1/2020).

1. Kabel yang rusak

Salah satu yang paling mungkin mengapa pengisian daya Anda melambat adalah kabel yang rusak. Penggantian kabel baru yang tidak original dengan ponsel atau kurang sesuai juga bisa menjadi alasannya.

2. Charging block

Seperti halnya kabel pengisian daya, adaptor daya yang Anda gunakan memainkan peran besar dalam proses pengisian. Semakin banyak watt yang dapat disediakan, semakin cepat pengisian daya, begitu juga sebaliknya.

Menurut Meister, adaptor daya 18W Apple dapat mengisi penuh daya iPhone Anda dalam 90 menit, sementara adaptor 5W standar akan membutuhkan waktu dua kali lipat dari waktu tersebut. Demikian pula, charger Samsung 45W dapat memberi daya pada beberapa produk mereka hingga 50 persen hanya dalam 20 menit.

3. Tempat pengisian daya

Mengisi daya ponsel Anda ke stopkontak jauh lebih cepat daripada port USB atau charger mobil, selama Anda menggunakan adaptor daya dan kabel yang sesuai. Misalnya saja, port USB biasanya menghasilkan antara 1 dan 2,1 ampere, sedangkan stopkontak standar akan menghasilkan 20 ampere.

4. Kebiasaan Anda saat mengisi daya

Kebiasaan Anda saat mengisi daya juga dapat menjadi sebabnya. Jadi disarankan untuk tidak menggunakan ponsel Anda saat mengisi daya jika Anda benar-benar terburu-buru untuk mengisi daya hingga 100 persen. Karena itu akan memakan waktu lebih lama bagi baterai Anda untuk mengakumulasi muatan jika Anda menggunakannya secara terus- menerus. Agar lebih cepat, cobalah untuk menyalakan mode pesawat saat mengisi daya.


Editor : Tuty Ocktaviany