Perhatikan, Ini Tanda-Tanda Kesehatan Baterai iPhone Anda Menurun

Siska Permata Sari ยท Senin, 25 Mei 2020 - 09:07 WIB
Perhatikan, Ini Tanda-Tanda Kesehatan Baterai iPhone Anda Menurun

Baterai iPhone (Foto: iPhone)

JAKARTA, iNews.id - Baterai merupakan salah satu hal penting bagi iPhone. Sebab, apa gunanya jika chipset canggih, RAM besar, dan kamera ciamik tetapi kualitas baterainya sudah usang, dan membuat Anda harus berkali-kali mengisi daya dalam satu hari.

Kualitas baterai yang menurun memang kerap terjadi pada iPhone seiring dengan masa pemakaian pengguna dan kebiasaan mereka dalam memacu iPhone-nya.

Kebiasaan yang buruk, tanpa disadari membuat baterai Anda aus dan mulai mengalami gejala-gejalan penurunan performa, atau istilah yang digunakan Apple adalah kesehatan baterai.

Berikut tanda-tanda kesehatan baterai Anda menurun, seperti dilansir dari Ifixit, Rabu (20/5/2020).


Baterai menggelembung

Jika baterai sudah aus dan bermasalah, tidak kemungkinan akan mengalami pembengkakan atau baterai yang menggelembung. Walaupun Anda tidak bisa melihatnya secara langsung tanpa membuka iPhone Anda, ada tanda-tanda baterai iPhone bengkak. Di antaranya layar yang putih kabur, atau seperti ada pemisahan antara layar dan bodi ponsel. 

iPhone mati tiba-tiba

Tanda kedua adalah iPhone Anda sering mati tiba-tiba. Tetapi jika ini baru terjadi satu atau dua kali ketika baterai mau habis, Anda masih bisa mengkalibrasi ulang iPhone Anda. 

Di antaranya dengan menggunakan iPhone sampai baterai lemah atau mati, lalu hubungkan ke pengisi daya hingga 100 persen dan tanpa gangguan apapun, setelah terisi penuh, lakukan soft reset dengan menahan tombol sleep / wake dan home Anda atau sleep / wake dan salah satu  tombol volume pada iPhone X hingga logo Apple muncul.

Jika setelah kalibrasi ini masih terjadi masalah, kemungkinan besar Anda perlu untuk mengganti baterai.

iPhone hanya berfungsi ketika diisi daya

Jika baterai benar-benar mati, iPhone  tidak akan dapat boot, bahkan ketika dicolokkan. Namun, jika itu masih dapat menyala ketika terhubung ke sumber daya dan berfungsi dengan baik, maka kemungkinan ada masalah pada baterai atau konektor baterai.

iPhone Anda panas

Baterai iPhone Anda menghasilkan panas saat terisi ulang. Baterai lithium-ion di dalam smartphone Anda dirancang untuk internalisasi panas, melindungi dari bagian lain dari telepon. Jadi jika Anda tiba-tiba menyadari bahwa ponsel Anda terlalu panas untuk disentuh, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan baterai baru.

 

Editor : Dini Listiyani