Ruang Penyimpanan Smartphone Penuh? Lakukan Hal Ini untuk Mengosongkannya

Dini Listiyani ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 15:15 WIB
Ruang Penyimpanan Smartphone Penuh? Lakukan Hal Ini untuk Mengosongkannya

Tips membersihkan ruang penyimpanan smartphone (Foto: Ilustrasi/Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Smartphone telah menjelma menjadi rumah digital bagi banyak orang. Karena banyaknya keperluan masyarakat terhadap layanan digital di smartphone tentu membuat ruang penyimpanan ponsel menjadi sesak.

Beruntung, mengosongkan ruang di ponsel jauh lebih mudah dibanding membersihkan rumah atau apartemen. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghapus sejumlah file yang tidak perlu dari ponsel.

Namun sebelum memulai menghapus beberapa file, coba backup sejumlah file penting seperti foto dan video. Jika Anda menggunakan ponsel Android, hampir pasti aplikasi Google Photos sudah terpasang di sana. Namun, jika perangkat menggunakan aplikasi lain untuk mengelola foto dan video secara default, ada kemungkinan Anda tidak signin ke Google Photo dan foto tidak di back up.

Guna mem-backup foto dan video di Google Photos caranya cukup mudah. Setelah membuka aplikasi Google Photos, pergi ke menu stripe tiga yang terletak di pojok kiri atas. Lalu tap Settings, dan Backup&sync untuk menyesuaikan settings.

Nah, usai melakukan backup foto dan video, kini waktunya membersihkan smartphone dari 'sampah-sampah.'Berikut ini hal yang perlu Anda lakukan untuk membersihkan ruang penyimpanan smartphone Anda sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Kamis (18/6/2020).

Hapus Foto
Cara termudah untuk menghapus foto secara massal adalah dengan membuka aplikasi galeri Anda dan pergi ke All media/photos dan video. Lalu, jika aplikasi memungkinkan, Anda bisa memilih semua file dan membatalkan pilihan yang ingin Anda simpan. Sebagai alternatif, Anda bisa menggulirkan thumnail dan memilih hanya file yang ingin Anda hapus.

Hapus Data Aplikasi
Cache aplikasi dan data seringkali menjadi penyebab peningkatan ukuran aplikasi pada smartphone dan secara perlahan mengambil ruang penyimpanan berharga di ponsel. Namun, jika Anda sampai pada titik kehabisan ruang koson, Android versi baru akan secara otomatis menghapus file yang di-cache.

Cache berisi file tidak penting yang disimpan aplikasi untuk mempercepat proses tertentu. Karena mereka cache menumpuk dari waktu ke waktu Anda bisa kebahisan ruang.

Uninstal Aplikasi yang Tak Terpakai
Jika smartphone Anda sudah berjalan dalam waktu yang lama, kemungkinan ada banyak aplikasi yang tidak digunakan lagi. Khususnya, game yang dapat menghabiskan banyak ruang penyimpanan ponsel.

Pergilah ke Settings> Apps, di sana Anda akan mendapatkan list aplikasi di smartphone dan jumlah storage yang mereka gunakan. Sejumlah ponsel bahkan akan memperlihatkan last time masing-masing aplikasi digunakan, sehingga Anda bisa menyingkirkan yang tidak terpakai dengan mudah.

Gunakan Aplikasi Cleaning
Anda tidak dapat diganggu dengan menelusuri menu dan secara manual membersihkan cache serta menghapus file sampah? Well, Anda selalu bisa menginstal aplikasi yang akan melakukan pekerjaan itu.

Google Play Store dibanjiri banyak aplikasi yang mengklaim bisa membersihkan smartphone dan bahkan meningkatkan kinerja mereka. Tapi, banyak dari mereka memiliki tujuan yang berbeda dari yang mendorong terlalu banyak iklan hingga mengirim data pribadi langsung ke entitas tidak dikenal.

Namun, ada beberapa yang patut dipercayai jika Anda ingin membersihkan ruang penyimpanan dengan cara yang tidak terlalu repot. Misalnya, CClearner, Files by Google, Avast Cleanup & Boost, dan AVG Cleaner.

Editor : Dini Listiyani