Startup Ponsel Milik Bapak Android Andy Rubin Tutup

Dini Listiyani ยท Jumat, 14 Februari 2020 - 12:01 WIB
Startup Ponsel Milik Bapak  Android Andy Rubin Tutup

Essential Phone (Foto: Essential)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Kreator Android dan mantan eksekutif Google Andy Rubin akan menutup operasi startup kembangannya, Essential. Keputusan Rubin untuk menutup Essential dibagikan lewat sebuah unggahan blog.

Keputusan bapak Android menutup Essential bukan tanpa alasan. Keputusannya didorong karena perusahaan tidak melihat cara untuk mengirimkan produk terbarunya bernama Project Gem ke pasar.

"Terlepas dari upaya terbaik kami, kami sekarang telah mengambil Gem sejauh yang kami bisa dan sayangnya tidak memiliki jalur yang jelas untuk mengirimkannya kepada pelanggan. Karena itu, kami telah membuat keputusan sulit untuk menghentikan operasi dan shutdown Essential," kata postingan blog yang dikutip dari Business Insider, Jumat (14/2/2020).

Perusahaan berusia tiga tahun ini awalnya dipandang sebagai salah satu yang paling menjanjikan di Silicon Valley berkat rekam jejak Rubin dalam mengembangkan Android. Dalam waktu kurang dari dua tahun, Essential berhasil menjadi unicorn.

Tapi, saat produk pertamanya, Essential Phone gagal mendapatkan daya tarik konsumen, perusahaan mulai mengalami kesulitan. Essential terpaksa memangkas harga smartphone sebesar 200 dolar AS dan kemudian dilaporkan membatalkan pengembangan smart home serta memberhentikan 30 perse stafnya.

Essential juga dirundung publisitas negatif setelah keadaan kepergian Rubin dari Google diungkap oleh laporan New York Times. Kejadian berlanjut dengan penolakan terhadap pelecehan seksual.

Selama masa operasinya, Essential hanya merilis dua produk ke pasaran sejak 2016 yakni Essential Phone dan aplikasi e-mail lintas platform. Dikatakan smartphone akan terus bekerja untuk pengguna.

Tapi, perusahaan tidak akan memberikan pembaruan atau dukungan pelanggan. Sementara itu, aplikasi e-mailnya akan dibatalkan setelah 30 April 2020.


Editor : Dini Listiyani