Tips Memotret Kembang Api Menggunakan Smartphone saat Perayaan Tahun Baru

Dini Listiyani ยท Selasa, 31 Desember 2019 - 10:47 WIB
Tips Memotret Kembang Api Menggunakan Smartphone saat Perayaan Tahun Baru

Ilustrasi kembang api (Foto: Pixabay/Erad)

JAKARTA, iNews.id - Perayaan tahun baru tidak bisa lepas dari yang namanya kembang api. Saat momen pergantian tahun tiba, banyak orang yang mencoba mengabadikan kembang api.

Kembang api bisa diabadikan dengan mudah menggunakan smartphone. Namun, perlu trik khusus untuk membuat foto kembang api yang diambil dengan smartphone menjadi perfect.

Seperti apa trik mengambil gambar kembang api menggunakan smartphone? Simak informasinya berikut ini sebagaimana diberitakan iNews.id dari Android Headlines, Selasa (31/12/2019).

1. Jangan Menggunakan Flash
Saat kondisi cahaya gelap Anda biasanya akan tergoda untuk menggunakan flash. Tapi, sebaiknya Anda jangan lakukan itu. Flash sebenarnya akan membuat foto terlihat lebih buruk dan ponsel lebih lambat mengambil foto.

Flash akan membuat Anda terkena tembakan buram atau bahkan melewatkan shot sama sekali. Belum lagi fakta flash akan mengganggu semua orang yang ada di sekitar Anda saat menonton kembang api.

2. Jangan Melakukan Zoom In
Untuk menghasilkan gambar kembang api yang baik sebaiknya jangan men-zoom in gambar. Pasalnya, zoom akan menjadi digital zoom. Artinya, zoom menggunakan software untuk memperbesarnya, bukannya lensa zoom yang sebenarnya seperti yang ditemukan di DSLR.

Ingatlah, lensa pada smartphone Anda akan menjadi fixed lens, sehingga tidak benar-benar bergerak. Ini berarti zoom tidak akan bagus.

3. Gunakan Tripod
Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan tembakan terbaik kembang api menggunakan smartphone, tripod akan menjadi penyelamatnya. Anda bisa mengatur tripod dan mengambil foto kembang api menggunakan smartphone membuatnya lebih mudah.

4. Gunakan Burst Mode
Burst mode pada dasarnya dibuat untuk mengambil foto kembang api. Pada sebagian besar ponsel, Anda cukup menahan tombol rana dan ponsel akan terus mengambil foto sampai Anda melepaskannya.

Beberapa ponsel hanya akan mengambil hingga 30 gambar. Dengan cara burst mode, Anda tidak perlu khawatir kehilangan kesempatan mengabadikan kembang api.

5. Gunakan Night Mode
Night mode belakangan ini banyak terlihat di smartphone. Night mode akan mengambil beberapa gambar dan menyatukannya untuk memberikan gambar yang tampak lebih baik bahkan saat mengambil foto dalam keadaan gelap gulita. Jadi, night mode bagus untuk mengambil foto kembang api saat perayaan pergantian tahun baru.

Editor : Dini Listiyani