Waspada, Ini Tanda-Tanda Baterai Ponsel Anda Rusak

Siska Permata Sari ยท Minggu, 07 Juni 2020 - 15:02 WIB
Waspada, Ini Tanda-Tanda Baterai Ponsel Anda Rusak

Baterai smartphone (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Ponsel yang baterainya sudah usang tentunya sangat mengganggu. Terutama bagi Anda yang mengerjakan segala sesuatunya dari ponsel Anda. Baterai yang rusak tentunya membuat ponsel Anda tak dapat diandalkan.

Tetapi, apakah benar bahwa baterai ponsel Anda bermasalah? Bagaimana mengetahuinya? Berikut tanda-tanda baterai sudah rusak, seperti dilansir dari Innovation Village, Minggu (7/6/2020).

Baterai cepat habis

Baterai ponsel akan memberikan performa terbaiknya di dua tahun pertama. Namun, begitu lewat dari dua tahun, kualitas baterai akan menurun. Jika Anda merasa baterai cepat habis atau menurun sangat cepat, itu adalah tanda bahwa baterai Anda sudah usang.

Ponsel restart sendiri

Salah satu keluhan umum pengguna ponsel adalah ponsel yang tiba-tiba restart sendiri atau bahkan mati. Jika kejadian ini sering Anda alami, sebaiknya cek kondisi baterai Anda.

Tidak mengisi daya saat dicolokkan

Jika ponsel tidak mengisi daya setelah dicolokkan, maka curigalah bahwa ini masalah dari baterai Anda. Sebab, ini adalah tanda umum dari baterai yang rusak, walaupun bisa saja dari port-nya.

Ponsel sering panas

Kelebihan panas yang dihasilkan sering terjadi ketika Anda mencolokkan ponsel Anda untuk pengisian daya. Tetapi jika Anda sering merasa perangkat Anda terlalu panas, itu mungkin karena ada masalah pada baterai Anda.

Menonjol

Ketika baterai rusak, sel-sel internal pecah dan menyebabkan tonjolan muncul pada baterai. Hal ini terjadi ketika baterai mengalami reaksi kimia yang tidak diinginkan.

Editor : Dini Listiyani