5 Alasan Anda Perlu Pindah dari Windows 7 ke 10

Dini Listiyani ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 12:01 WIB
 5 Alasan Anda Perlu Pindah dari Windows 7 ke 10

Fitur Nearby Sharing di Windows 10 (Foto: PC Mag)

JAKARTA, iNews.id - Microsoft mengakhiri dukungan untuk Windows 7 pada 14 Januari. Seiring dengan berakhirnya dukungan itu, pengguna Windows 7 perlu mempertimbangkan beralih ke versi 10.

Berhentinya Microsoft mendukung Windows 7 berarti, pengguna tidak akan menerima pembaruan keamanan. Jika ingin komputer aman, pengguna perlu memperbarui Windows 7 ke 10.

Banyak pertimbangan Anda perlu pindah dari Windows 7 ke 10. Nah, berikut ini 5 alasan yang didapatkan pengguna saat pindah ke Windows 10, sebagaimana dikutip dari PC Mag, Selasa (14/1/2020).

1. Browser yang Lebih Baik
Di Windows 10 Anda tidak akan menemukan Explorer. Microsoft Edge memodernisasi browser default OS. Artinya, ada peningkatan kompatibilitas dan kecepatan, serta kemampuan baru yang bermanfaat seperti markup halaman web. Edge versi saat ini segera diganti dengan yang menggunakan Chromium. Jadi, kompatibilitas yang lebih baik dengan website bisa didapatkan di sini.

2. Keamanan
Windows 10 mewarisi fitur Secure Boot dari Windows 8 dan membuatnya lebih aman. Ini mensyaratkan kode apa pun yang berjalan dengan benar saat OS dimulai ditandai oleh Microsoft atau pembuat software.

Berbeda dengan Windows 8, PC Windows 10 dapat diatur sehingga fitur ini tidak bisa dilewatkan. Tiga fitur keamanan lain untuk Windows 10 adalah Device Guards, Microsoft Passport, dan Windows Hello. Belum lama ini Microsoft menambahkan perlindungan ransomware dan perlindungan eksploitasi atau ancaman.

3. Voice Typing
Cukup tekan Windows Key-H dan PC Anda mulai mengetik apa yang dikatakan. Tidak diperlukan pengaturan rumit untuk menjalankan ini.

4. Dark dan Lights Modes
Dark mode sudah menjadi bagian umum digunakan pada antarmuk Windows. Pada pembaruan Windows 10 Mei 2019, Microsoft juga menyukai light mode.

Untuk mengaksesnya, Anda hanya perlu pergi ke Settings > Personalizations> Colors. Di bawah 'Choose your color,' Anda memiliki opsi Light, Dark, dan Custom.

5. Nearby Sharing
Nearby Sharing adalah kemampuan yang mirip dengan AirDrop. Berkat fitur ini, Anda bisa mengirim foto atau dokumen langsung menggunakan Bluetooth atau Wifi, tidak perlu koneksi internet.

Nearby Sharing berguna jika Anda perlu dengan cepat mendapatkan file dari laptop ke desktop terdekat. Sayangnya, kemampuannya belum didukung di ponsel.

Editor : Dini Listiyani