5 Hal Bisa Dilakukan Instagram yang Jarang Diketahui Orang

Dini Listiyani ยท Senin, 23 September 2019 - 06:20 WIB
5 Hal Bisa Dilakukan Instagram yang Jarang Diketahui Orang

Kumpulan aplikasi di ponsel (Foto: iNews.id/Dini)

JAKARTA, iNews.id - Instagram adalah aplikasi media sosial yang banyak digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Tak hanya sekadar dapat mengungah foto selfie, Instagram juga dapat melakukan banyak hal lainnya.

Banyak kemampuan Instagram yang mungkin belum diketahui banyak orang meskipun aplikasi ini sudah menjadi bagian hidup sebagian orang. Ada banyak fitur dan tool di Instagram yang dapat dimaksimalkan, sehingga lebih baik lagi.

Nah, berikut ini trik praktis yang akan membantu kamu lebih pandai memanfaatkan platform Instagram sebagaimana dikutip dari Makeuseof, Senin (23/9/2019).

1. Menghapus Tag dari Foto
Pernahkah kamu diberi tag oleh teman terkait foto yang tidak diinginkan? Beruntung, ada cara untuk mengatasi situasi seperti ini.

Arahkan ke foto dan tap itu untuk memilih nama username kamu. Lalu, kamu akan melihat dua opsi yakni Remove Me From Post dan Hide From Profile. Opsi pertama akan menghapus tag sepenuhnya.

Sedangkan opsi kedua hanya menyembunyikan bagian foto yang ditandai di profile kamu. Jadi, tag tidak dihapus dan masih ada.

2. Menghapus Search History
Untuk menghapus search history Instagram, arahkan ke profile, pilih tiga bar yang terletak di sudut kanan atas layar, dan pilih Setting. Selanjutnya pilih Security, yang akan membawa kamu ke layar 'Clear Search History' di bawah. Select opsi untuk membersihkan history.

3. Menggunakan Sedikit Data saat Menggunakan Instagram
Untuk membatasi jumlah data yang digunakan Instagram, pergi ke profile, select tiga bar yang terletak di sudut kanan atas, pilih opsi Settings, tap Cellular Data Use, dan toggle Data Saver mode ke on. Kamu mungkin akan menemukan foto dan video membutuhkan waktu lebih lama untuk dimuat, tapi keseluruhan penggunaan data akan berkurang secara signifikan.

4. Menemukan Hashtag Terkait
Rahasia kesuksesan Instagram adalah tagar mereka. Tagar memungkinkan penggunanya terhubung dengan yang lain, menemukan konten menarik, dan membantu orang lain menemukan unggahan kamu.

Untuk membuat unggahan lebih populer, kamu bisa menggunakan tool seperti Hastagify. Situs web ini mengambil kata kunci apa pun yang kamu masukkan dan memberikan kamu tagar terkait.

5. Mute Stories dari Pengguna Tertentu
Terkadang melihat Stories dari seseorang secara terus menerus dapat mengganggu. Dalam kasus ini, kamu bisa me-mute Stories dari pengguna tertentu.

Untuk me-mute seseorang, buka story feed dan tahan ikon pengguna yang ingin di-mute. Setelah itu muncul opsi Mute > Mute Story.

Nah, itu tadi sejumlah kemampuan Instagram yang kemungkinan belum kamu tahu berserta tipsnya. Semoga bermanfaat!

Editor : Dini Listiyani