Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Diretas

Tangguh Yudha · Sabtu, 01 Oktober 2022 - 15:19:00 WIB
Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Diretas
Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Diretas (Foto: Claudio Schwarz/Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Kejahatan tidak hanya terjadi di dunia nyata tapi juga maya. Bahkan peretasan akun media sosial (medsos_ menjadi kejahatan yang kerap terjadi di masyarakat. 

Beruntung, ada beberapa cara untuk mengambil alih akun Instagram jika telah diretas atau diambil oleh orang lain. Berikut panduan langkah demi langkah untuk pulihkan akun.

Cara Mengembalikan Akun Instagram

1. Jika alamat email Anda telah berubah, Anda akan diberi tahu melalui email dari security@mail.instagram.com. Saat muncul notifikasi, pilih opsi "Amankan Akun Saya"

 2. Anda dapat meminta tautan masuk atau kode keamanan Instagram jika informasi lain seperti kata sandi Anda juga telah diubah dan Anda tidak dapat menautkan akun kembali ke alamat email Anda. Untuk meminta tautan masuk, ikuti langkah-langkah ini:

- Buka aplikasi Instagram dan di halaman login, ketuk opsi "Dapatkan bantuan masuk" (Android) atau "Lupa kata sandi?" (iPhone atau peramban web)
 

- Masukkan nama pengguna, alamat email, atau nomor telepon yang terkait dengan akun Anda, lalu ketuk tombol "Berikutnya"

 - Jika Anda tidak memiliki akses ke nama pengguna, alamat email, atau nomor telepon yang terkait dengan akun Anda, Anda dapat memasukkan informasi login yang Anda gunakan baru-baru ini, lalu ketuk "Tidak dapat mengatur ulang kata sandi Anda?" kemudian klik tombol "Berikutnya"

 - Masukkan kode captcha

 - Pilih alamat email atau nomor telepon Anda, lalu tekan kembali tombol "Berikutnya"

 - Ikuti petunjuk di layar setelah mengklik link login di email atau SMS Anda.

 3. Anda juga dapat meminta kode keamanan atau dukungan dari Instagram. Jika link masuk  tidak memungkinkan Anda memulihkan akun, coba hubungi perusahaan untuk mendapatkan bantuan. Caranya sebagai berikut:

 - Ketuk tombol "Butuh bantuan lebih lanjut?" yang tersedia di halaman login
 

- Mengikuti petunjuk di layar, pilih alamat email atau nomor telepon Anda, ketuk opsi "Kirim kode keamanan" lalu lanjutkan sesuai petunjuk.

- Jika meminta bantuan untuk akun tanpa foto diri, masukan alamat email atau nomor telepon yang Anda gunakan untuk mendaftar, serta jenis perangkat yang Anda gunakan, akan diminta oleh Meta untuk mengonfirmasi identitas Anda.

- Jika memerlukan dukungan akun yang berisi foto, Anda akan diminta untuk mengambil video selfie di mana Anda menoleh ke berbagai arah.

- Instagram akan mengirimi email di alamat email yang diberikan setelah Anda mengirimkan data yang diperlukan untuk mengonfirmasi identitas Anda. Akun akan dipulihkan dan Anda akan dapat mengamankan kredensial setelah identitas diverifikasi.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda