7 Aplikasi yang Perlu Ada di Ponsel Android Anda, Mulai dari Adobe hingga Wifi Analyzer

Dini Listiyani ยท Sabtu, 30 November 2019 - 12:01 WIB
7 Aplikasi yang Perlu Ada di Ponsel Android Anda, Mulai dari Adobe hingga Wifi Analyzer

Aplikasi AirDroid (Foto: Google Play Store)

JAKARTA, iNews.id - Smartphone digunakan untuk segala macam kegiatan. Mulai dari bermain game, menonton video, mendengarkan musik, dan berbicara kepada orang lain di media sosial (medsos).

Ada juga pengguna lainnya yang menggunakan smartphone mereka agar kegiatan sehari-harinya menjadi lebih mudah. Beruntung, ada banyak aplikasi yang dapat melakukan hal tersebut.

Supaya tidak bingung menentukan aplikasi berguna untuk Anda, berikut ini rekomendasi dari iNews.id yang dirangkum dari Android Authority, Sabtu (30/11/2019).

Aplikasi Adobe
Adobe mempunyai sejumlah aplikasi berguna di luar sana. Aplikasi mereka umumnya berkisar dari pengeditan foto hingga utilitas, termasuk Adobe Acrobat (PDF reader), Adobe Lightroom, dan Photo Express, Illustrator Draw, Scan, Premier Clip, dan banyak lagi.

Kebanyakan aplikasi Adobe dapat mengisi ceruk yang tidak dapat dilakukan aplikasi pihak ketiga lainnya. Selain itu, sejumlah aplikasi dapat diunduh secara gratis meskipun beberapa di antaranya memerlukan subscription Adobe Creative Cloud untuk mendapatkan semua fitur.

AirDroid
Aplikasi berguna yang perlu ada di smartphone Anda adalah AirDroid. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan PC ke perangkat Android dan sebaliknya. Anda dapat berbagi file, mendapatkan pemberitahuan, membalas cepat ke beberapa aplikasi perpesanan, dan banyak lagi.

CamScanner
CamScanner adalah salah satu aplikasi terbaik untuk memindai dokumen yang ada di luar sana. Anda dapat menggunakan CamScanner untuk memindai dokumen ke ponsel dan mengubahnya ke format PDF.

Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan dokumen yang dipindai melalui e-mail, menyimpannya di perangkat, dan bahkan mem-fax. CamScanner adalah salah satu aplikasi di Play Store yang dapat melakukan semua hal itu.

Google Translate
Selanjutnya ada Google Translate. Aplikasi ini tersedia di sejumlah platform dan berguna bagi orang yang gemar bepergian ke luar negeri atau yang sedang belajar bahasa asing.

Google Translate menerima sejumlah update setiap tahun, mencakup kemampuan untuk menggunakan kamera untuk menerjemahkan bahasa.

Wifi Analyzer
Aplikasi selanjutnya yang perlu ada di smartphone Anda adalah Wifi Analyzer. Aplikasi ini memungkinkan Anda melihat koneksi Wifi dan lainnya di area umum. Ada sejumlah alasan mengapa Anda membutuhkan Wifi Analyzer ini.

Anda dapat melihat apakah Wifi Anda berbagi channel dengan jaringan yang lain. Selain itu, Anda juga dapat mengidentifikasi jaringan Wifi terdekat, kekuatan sinyal grafik, dan aktivitas lainnya.

Solid Explorer
Solid Explorer adalah file manager dan browser yang dapat melakukan perkerjaannya dengan baik. Solid Explorer dibangun dengan Material Design dan mudah untuk digunakan.

Di samping penjelajahan file yang biasa, Anda juga akan memiliki opsi mengakses layanan penyimpanan cloud jika Anda menggunakannya. Selain itu, Anda akan dapat mengakses klien FTP, SFTP, WebDav, dan SMB/CIFS.

LastPass Password Manager
LastPass Password Manager adalah aplikasi pengelolaan aplikasi. Aplikasi ini menghasilkan password, menyimpan kata sandi ke berbagai situs, dan membantu Anda masuk dengan cepat saat diperlukan.

Selain itu, aplikasi LastPass Password Manager juga menambah lapisan keamanan Anda. Aplikasi tidak gratis. Biaya berlangganan berkisar antara 2-4 dolar AS.


Editor : Dini Listiyani