Android 11 Beta 2 Fokus ke Peningkatan Pengontrol Media

Dini Listiyani ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 10:06 WIB
Android 11 Beta 2 Fokus ke Peningkatan Pengontrol Media

Android 11 beta 2 sudah tersedia (Foto: Developer.android)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Google menyediakan Android 11 beta 2 untuk diunduh. Rilis berikutnya, beta 3, akan menjadi tahap terakhir sebelum sistem operasi baru Google dirilis ke seluruh pengguna.

Google tidak mencantumkan perubahan signifikan untuk beta 2. Tapi, ada beberapa peningkatan pada beberapa fitur utama yang menunjukkan fokus perusahaan pada sistem operasi berikutnya.

Media playback akan melihat banyak peningkatan di seluruh sistem, dari antarmuka hingga behaviors baru. Lalu, sistem bubble notification juga semakin interaktif.

Orang-orang di XDA Developers telah menyemalami sistem operasi dan berikut fitur-fitur terbaik yang ditemukan mereka, yang dilaporkan Digital Trends, Jumat (10/7/2020).

Lebih Mudah Mendengarkan

Google mempermudah menemukan kontrol media lewat update Android berikutnya. Alih-alih mengubur media playback jauh di dalam naungan notifikasi, kini Anda bisa memutar dan melompat dari jendela kecil di bagian atas tepat di bawah tombol Quick Settings. Aplikasi apa pun yang mendukung pemutaran melalui menu pengaturan akan bisa menggunakan tampilan dan nuansa baru ini.

Gelembung yang Lebih Kuat

Google telah beralih dari pop-up notification overlay layar ke yang lebih kecil yakni bubble yang dapat muncul dan dikesampingkan atau mudah dihentikan.

Dengan Android 11 beta 2, bubble sekarang mendukung obrolan di dalam jendela gelembung. Saat ini, hanya Facebook Messenger dan layanan obrolan Google yang bekerja dengan fitur bubble. Tapi, fitur ini tersedia untuk pengembang yang mendukungnya.

Screen Recording dan Shortcuts

Fitur perekaman layar memungkinkan Anda membuat video dari yang terjadi di layar. Kini, Google memungkinkan Anda merekam semua konten itu bersama dengan apa pun yang didengar mikrofon Anda.

Selain itu, beberapa fitur mendapatkan shortcuts yang lebih baik. Jika Anda menjalankan smart home dengan banyak perangkat, Android 11 akan memberikan akses ke perangkat ini melalui shortcut di Power Menu.


Sharing dan Gaming

Beberapa keunggulan terbaik yang dimiliki Android dibanding iOS adalah kemampuan berbagi kuat yang ditawarkan sistem. Daftar opsi sharing di Share Sheet dapat menjadi kekacauan.

Dengan Android 11, Google sedang membersihkan Share Sheet untuk membuatnya lebih dapat dinavigasi, mengelompokkan tindakan yang berbeda dari aplikasi yang sama di bawah satu tombol.

Google juga menunjukkan, lebih banyak cinta untuk dukungan gaming. Karena menambahkan lebih banyak pengontrol ke pre-loaded library of divers. Selain semua pengontrol modern yang tersedia, kini Anda dapat menggunakan Xbox 360, controller USB Xbox atau controller Steam dengan ponsel Android.

Editor : Dini Listiyani