Google Mulai Uji Fitur Berbagi File Mirip AirDrop Apple

Dini Listiyani ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 18:03 WIB
Google Mulai Uji Fitur Berbagi File Mirip AirDrop Apple

Fitur AirDrop di Apple (Foto: Apple)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Selama beberapa minggu terakhir, Google dilaporkan membuat fitur berbagi file mirip AirDrop, Nearby Share. Kini, raksasa mesin pencarian ini mulai memberikan titik terang.

Google akhir memberikan informasi mengenai Nearby Share. Fitur saat ini sedang dalam pengerjaan dan bahkan sejumlah pengguna Android sudah menguji Nearby Share versi beta.

"Kami saat ini sedang melakukan uji beta dari fitur Nearby Share yang baru yang kami rencanakan untuk membagikan lebih banyak informasi di masa mendatang," kata Google mengatakan kepada Android Police yang dilaporkan dari The Verge, Rabu (1/7/2020).

Google berencana menggulirkan fitur Nearby Share untuk perangkat yang menjalankan Android 6 ke atas dan platform lainnya. Nearby Share mulai muncul di Chrome OS Canary build awal bulan ini, sehingga mengindikasikan fitur juga akan berfungsi pada Chromebook.

Nearby Share tampak berfungsi sebagai AirDrop versi Android. Anda bisa menggunakan Nearby Share untuk memindahkan file antara ponsel Android terdekat.

Android Police mendapatkan manfaat langsung dari fitur Nearby Share. Mereka menyatakan, Nearby Share berfungsi untuk foto, video, link, dan juga tweet. Menurutnya, Anda tidak bisa menggunakan Nearby Share untuk mengirim hal-hal random kepada orang asing.

Seorang pengguna harus mengatur fungsi dan membuat ponsel mereka 'terlihat' sebelum menerima konten. Mereka juga harus secara manual menerima file sebelum dibuka.

Selain Google, Samsung juga tengah mempersiapkan fitur serupa yang disebut Quick Share. Fitur memungkinkan pengguna membagikan blast file ke banyak orang dalam satu waktu.

Namun, keuntungan dari Nearby Share adalah fitur bekerja dengan produk Android di seluruh pabrik. Sedangkan, Quick Share saat ini hanya ditujukan untuk perangkat Samsung saja.

Editor : Dini Listiyani