Aplikasi Clubhouse  Ternyata Belum Terdaftar di Indonesia

Intan Rakhmayanti Dewi · Rabu, 17 Februari 2021 - 12:09:00 WIB
Aplikasi Clubhouse  Ternyata Belum Terdaftar di Indonesia
Aplikasi Clubhouse (Foto: Dini/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id -  Aplikasi Clubhouse kini tengah populer di media sosial (Medsos). Aplikasi yang ada di iOS ini menawarkan konten yang difokuskan pada audio untuk berinteraksi. 

Aplikasi Clubhouse semakin populer usai CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk diketahui menggunakannya. Kendati demikian, Clubhouse hingga saat ini belum terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Juru Bicara Kemkominfo Dedy Permadi membenarkan hal tersebut, dan mengharapkan Clubhouse dapat mendaftar sesuai ketentuan yang ada. "Clubhouse belum terdaftar di Kemkominfo dan kami harap dapat mendaftar sesuai ketentuan dalam PM 5/2020," ujar Dedy Permadi saat dihubungi melalui pesan singkat, Selasa (16/2/2021).

PM 5 Tahun 2020 melupakan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika mengenai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat. Dalam aturan tersebut, setiap PSE yang menyediakan, mengelola, dan atau mengoperasikan sistem elektronik kepada pengguna harus mendaftarkan diri.

Untuk itu, Clubhouse sebagai pihak PSE wajib untuk mendaftarkan layanan ke Kemkominfo. Dedy menyebut masa pendaftaran ke Kemkominfo adalah 6 bulan sejak peraturan menteri diundangkan pada 24 November 2020. Artinya, Clubhouse memiliki waktu hingga Mei 2021 untuk mendaftarkan platformnya.

Jika tidak mendaftar, kata Dedy, akan mendapat sanksi administrasi berupa pemutusan akses. Ia menegaskan, pemutusan akses yang dimaksud adalah pemblokiran aplikasi.

"Sesuai PM 5 2020, bagi yang tidak mendaftar sesuai kebijakan yang berlaku, akan mendapat sanksi administrasi berupa pemutusan akses," tuturnya.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2