ByteDance Dikabarkan Bakal Jual Aset TikTok di India

Intan Rakhmayanti Dewi ยท Senin, 15 Februari 2021 - 20:03:00 WIB
ByteDance Dikabarkan Bakal Jual Aset TikTok di India
Aplikasi TikTok (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - TikTok menjadi salah satu aplikasi populer sekarang. Namun, ByteDance, induk perusahaan TikTok, dikabarkan sedang menjajaki penjualan operasi TikTok di India untuk menyaingi unicorn Glance, yang juga merupakan aplikasi berbagi video pendek.

Tindakan ini menjadi upaya untuk menghidupkan kembali TikTok yang pernah berkembang pesat sebelum Pemerintah India mengeluarkan larangan. Menurut sumber, diskusi tersebut diprakarsai oleh SoftBank Group Corp. dari Jepang yang juga merupakan pendukung induk Glance, InMobi Pte, dan ByteDance.

Kendati demikian, kesepakatan apa pun yang dihasilkan dari pembicaraan antara SoftBank, ByteDance dan Glance akan membutuhkan persetujuan akhir dari otoritas India, demikian dilansir dari Bloomberg, Senin (15/2/2021).

Sebelumnya, India telah melarang ribuan aplikasi China termasuk TikTok tahun lalu menyusul bentrokan di perbatasan kedua negara di Himalaya. SoftBank telah mencoba untuk menyelamatkan aset TikTok di India dan telah memburu mitra lokal bahkan ketika pemerintah AS yang baru menunda pembatalan operasi Amerika dari platform video pendek populer, dan meminta hakim federal untuk menghentikan gugatan setelah mantan Presiden Donald Trump melarangnya.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2