Cara Bikin WhatsApp Lebih Aman dengan 3 Langkah Ini

Siska Permata Sari ยท Senin, 28 September 2020 - 21:58:00 WIB
Cara Bikin WhatsApp Lebih Aman dengan 3 Langkah Ini
Ada cara bikin WhatsApp lebih aman. (Foto: AFP/Y Chiba)

JAKARTA, iNews.id - WhatsApp menjadi aplikasi perpesanan yang digunakan banyak orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Namun jika Anda menggunakannya, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk melindungi keamanan dan privasi Anda.

Hal ini mengingat Anda membagikan apa saja di WhatsApp. Mulai dari urusan pekerjaan, percakapan kasual, bahkan hal-hal paling personal dan privasi di aplikasi tersebut.

Meskipun WhatsApp telah mengaktifkan enkripsi ujung-ke-ujung secara default, Anda juga perlu memperhatikan keamanan privasi Anda lebih lanjut. Bagaimana caranya?

Berikut langkah-langkahnya seperti dilansir dari Make Use Of, Senin (28/9/2020).

1. Periksa enkripsi

Meskipun WhatsApp mengenkripsi semua obrolan secara default, terkadang Anda ingin memeriksa ulang, terutama jika Anda tengah melakukan percakapan sensitif atau bersifat rahasia. Misalnya, berbagi informasi sensitif seperti nomor kartu kredit dengan kontak tepercaya.

Untuk memverifikasi enkripsi, mulailah percakapan dengan kontak tersebut. Kemudian di jendela obrolan, ketuk nama kontak, lalu ketuk Enkripsi. Anda akan melihat sesuatu seperti QR code  dan pola 40 digit yang merupakan kode keamanan Anda.

Anda dapat memverifikasi kode ini secara manual dengan membandingkan angka, meminta kontak untuk memindai kode QR tersebut, atau memindai kode kontak Anda dengan tombol ‘Pindai Kode’.

2. Nyalakan notifikasi keamanan

Saat ponsel atau laptop baru mengakses obrolan yang ada, kode keamanan baru dibuat untuk kedua ponsel.

Untuk mengaktifkan pemberitahuan keamanan, buka WhatsApp > Pengaturan > Akun > Keamanan > Tampilkan pemberitahuan keamanan dan ketuk toggle menjadi hijau.

3. Verifikasi dua langkah

Berikutnya adalah mengaktifkan otentikasi dua faktor (2FA). Ini menambahkan kode sandi berkala ke WhatsApp, dan memastikan data Anda tidak diakses oleh orang lain.

Untuk mengaktifkan 2FA, buka Menu > Pengaturan > Akun > Verifikasi dua langkah > Aktifkan. Kemudian, ikuti langkah-langkah untuk membuat kode PIN enam digit yang mudah Anda ingat.

Selamat mencoba!


Editor : Tuty Ocktaviany