5 Cara Download Video di YouTube dari HP dan Laptop Dengan Mudah

Dini Listiyani ยท Rabu, 26 Agustus 2020 - 19:35 WIB
5 Cara Download Video di YouTube dari HP dan Laptop Dengan Mudah

Situs YouTube (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Cara download video di YouTube bisa dengan mudah ditemukan di online. YouTube menjadi wadah bagi pengguna mencari beragam video menarik di sana.

Mengunduh video YouTube itu mudah dan ada banyak alasan untuk melakukan hal tersebut. Misalnya, Anda ingin menonton video tanpa koneksi internet saat diperjalanan.

Download video YouTube juga bagus jika Anda memiliki paket seluler terbatas. Anda dapat mengunduhnya ke ponsel menggunakan Wifi rumah dan melihatnya saat bepergian tanpa mengambil risiko kuota yang dipakai melebihi alokasi data Anda.

Anda bisa mengunduh video di YouTube secara gratis. YouTube menyediakan beberapa tool gratis untuk pekerjaan itu dan ada pengunduh YouTube pihak ketiga yang dapat digunakan.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk download video YouTube bertentangan dengan persyaratan layanan. Download video YouTube juga membuka potensi pelanggaran hak cipta, kecuali jika Anda memiliki izin dari pemegang hak cipta, sebagaimana dikutip dari Tech Radar, Rabu (26/8/2020).

Meski begitu, YouTube menawarkan beberapa cara untuk mengunduh video melalui layanan web dan aplikasinya sendiri. Dalam panduan ini, akan dijelaskan cara untuk melakukannya.

Download YouTube Video ke Windows PC
1. Mendapatkan 4K Video Downloader

(Foto: OpenMedia LLC)
(Foto: OpenMedia LLC)


Untuk mengunduh video YouTube ke PC Windows, mulailah dengan download dan menginstal 4K Video Downloader. Software serbaguna ini sepenuhnya gratis dan dapat mengunduh seluruh playlist, video 360 derajat, dan 3D. Setelah selesai, centang kontak bertana Launch dan klik Finish.

2. Copy dan Paste Video URL

(Foto: OpenMedia LLC)
(Foto: OpenMedia LLC)

Software akan mengambil informasi mengenai video dan memberi Anda pilihan opsi kualitas. Ini akan bervariasi tergantung pada kualitas video asli, tapi perangkat lunak dapat mengunduh video YouTube dalam 4K jika tersedia.

3. Pilih Kualitas dan Format

(Foto: OpenMedia LLC)
(Foto: OpenMedia LLC)

4K Video Downloader akan memungkinkan Anda mengunduh seluruh video YouTube, atau sekadar menyalin audio. Pilih opsi yang Anda inginkan menggunakan menu drop-down di sebelah kiri, lalu pilih format menggunakan menu di sebelah kanan.

Lalu, pilih kualitas Anda. Untuk memutar ulang video di TV atau PC Anda, disarankan untuk memilih resolusi tertinggi. Tapi, ingatlah ini akan memakan waktu lebih lama dan akan memakan lebih banyak ruang. Beruntung, Anda dapat memeriksa perkiraan ukuran file di sebelah kiri untuk melihat berapa banyak ruang yang diperlukan.

Anda juga dapat memilih di mana video yang diunduh harus disimpan menggunakan tombol 'Jelajahi' di bagian bawah. Setelah Anda senang, klik 'Unduh'.

4. Download Video YouTube

(Foto:OpenMedia LLC)
(Foto:OpenMedia LLC)

Video YouTube sekarang akan diunduh untuk Anda. Jika ada video lain di saluran pembuat, 4K Video Downloader akan menanyakan apakah Anda juga ingin mengunduhnya. Itu dapat mengunduh hingga 24 video sekaligus.

Setelah video selesai diunduh, Anda dapat menemukannya di folder tujuan, atau klik kanan di 4K Video Downloader dan pilih 'Putar'. Kecuali Anda menyesuaikan pengaturan, video akan tetap ada di daftar ini sampai Anda memilih untuk menghapusnya - bahkan jika Anda menutup dan memulai ulang perangkat lunak.

5. Try Smart Mode

(Foto:OpenMedia LLC)
(Foto:OpenMedia LLC)

Jika Anda sering mendownload video dalam format yang sama, lihat Smart Mode. Ini menyimpan preferensi unduhan Anda dan memuatnya secara otomatis. Klik ikon bola lampu di kanan atas dan lain kali Anda menempelkan URL ke 4K Video Downloader, itu akan diunduh secara instan dengan pengaturan terakhir yang Anda gunakan.

Editor : Dini Listiyani