Cara Gunakan Find My Device untuk Lacak Smartphone yang Hilang

Intan Rakhmayanti Dewi · Sabtu, 09 Januari 2021 - 18:03:00 WIB
Cara Gunakan Find My Device untuk Lacak Smartphone yang Hilang
Aplikasi Find My Device (foto: Google Play Store)

JAKARTA, iNews.id - Smartphone hilang sudah tidak sulit dicari seperti dulu. Ada teknologi seperti Find My Device untuk smartphone Anda, sehingga lebih udah mencari saat hilang. 

Find My Device adalah tool yang dimiliki Google. Software Find My Device ini dapat membantu penggunanya melacak keberadaan perangkat Android mereka dengan mudah. 

Bagi para pengguna Android dapat memanfaatkan layanan Find My Device yang ada. Namun untuk memastikan perangkat dapat ditemukan perangkat yang hilang harus ada syaratnya. Berikut ini syaratnya:

1. Dalam kondisi menyala

2. Login ke Akun Google

3. Terhubung ke internet melalui Wi-Fi atau data seluler

4. Pastikan Google Play Aktif

 5. Mengaktifkan Lokasi

 6. Mengaktifkan aplikasi Find My Device

Nah jika syarat tersebut sudah terpenuhi, Anda bisa menggunakan aplikasi Find My Device. Untuk menggunakan Find My Device, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka android.com/find, lalu login ke Akun Google. Jika Anda memiliki lebih dari satu ponsel, klik ponsel yang hilang di bagian atas layar. Dan jika ponsel yang hilang memiliki lebih dari satu profil pengguna, login dengan Akun Google yang ada di profil utama.

2. Kemudian ponsel yang hilang akan mendapatkan notifikasi. Di peta, Anda akan mendapatkan info tentang lokasi ponsel.

Lokasi yang ditunjukkan adalah perkiraan dan mungkin tidak akurat. Jika ponsel tidak dapat ditemukan, Anda akan melihat lokasi terakhir yang diketahui, jika tersedia.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2