Cara Melindungi Ponsel dari Spyware, Jangan Asal Install Aplikasi

Dini Listiyani · Senin, 29 November 2021 - 09:07:00 WIB
Cara Melindungi Ponsel dari Spyware, Jangan Asal Install Aplikasi
Cara Melindungi Ponsel dari Spyware, Jangan Asal Install Aplikasi (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Spyware adalah aplikasi berbahaya yang digunakan pejahat dunia maya untuk memata-matai perangkat seperti smartphone. Perangkat pintar ini menjadi sasaran empuk karena berisi berbagai detail mulai dari perbankan hingga informasi pribadi pengguna. 

PhoneSpy ditemukan bersembunyi di 23 aplikasi Android. Spyware ini aktif di Korea Selatan dan sudah digunakan untuk mencuri data, pesan, gambar, dan bahkan memberikan kendali jarak jauh dari ponsel yang terinfeksi kepada penjahat. 

Data yang dicuri termasuk foto pribadi hingga komunikasi perusahaan. Zimperium, badan keamanan siber yang menemukan spyware memperbarui data pada 22 November, PhoneSpy tidak lagi aktif dan server perintah serta kontrolnya telah diturunkan. 

Perangkat yang terinfeksi juga tidak lagi berada di bawah kendali penyerang. Aplikasi yang membawa PhoneSpy tidak terdaftar di Google Play Store, penyerang menggunakan pengalihan lalu lintas web atau platform rekayasa sosial untuk mendistribusikan spyware.

Begitu berada di dalam perangkat Anda, PhoneSpy dapat mencuri data penting termasuk gambar, log panggilan, kontak dan pesan, mendapatkan daftar lengkap aplikasi yang diinstal, merekam audio dan video secara real time menggunakan kamera dan mikrofon di telepon, mengekstrak informasi perangkat seperti nomor IMEI, nama dan merek perangkat, dan bahkan dapat memberikan akses jarak jauh ke perangkat.

Karena, spyware ini bahaya, sebaiknya Anda memproteksi perangkat. Bagaimana cara melindungi perangkat dari spyware?

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda