Cara Mempercepat Download di Chrome

Dini Listiyani · Jumat, 23 Juli 2021 - 09:06:00 WIB
Cara Mempercepat Download di Chrome
Cara Mempercepat Download di Chrome (Foto: Unsplash)
5. Enable Parallel Downloading
Parallel downloading membagi file menjadi potongan-potongan kecil dan mengunduhnya secara bersamaan. Beberapa koneksi untuk mengunduh file mengurangi beban di server, yang mempercepat proses download. Chrome secara otomatis menggabungkan paket-paket kecil ini ke dalam file download akhir setelah diunduh.

6. Clear Browsing Data
File sementara dapat menyebabkan tersendatnya proses pengunduhan data jika menumpuk di browser. Oleh karena itu, menghapus cookie dapat membantu mempercepat proses pengunduhan.

7. Disable Ekstensi
Ekstensi Chrome juga dapat mengganggu unduhan dalam beberapa kasus. Matikan ekstensi satu per satu untuk melihat pengaruhnya terhadap kecepatan unduh. Menonaktifkan ekstensi tertentu dapat meningkatkan kecepatan unduhan. Jika demikian, hapus ekstensi tersebut secara permanen dari Chrome.

8. Install Download Manager
Pengelola unduhan bekerja dengan cara yang sama seperti pengunduhan paralel di Chrome. Setiap bagian dari file diunduh secara terpisah, yang mengurangi tekanan pada server. Semua unduhan dilakukan menggunakan bandwidth penuh dan banyak koneksi.

Selanjutnya, setelah koneksi terputus, Anda harus mengunduh file di Chrome dari awal. Pengelola unduhan mempertahankan bagian yang diunduh dan melanjutkan pengunduhan dari tempat koneksi terputus.

9. Matikan Hardware Acceleration di Chrome
Proses akselerasi perangkat keras mentransfer komputasi grafis tinggi ke perangkat keras seperti GPU, sehingga CPU tidak harus menangani beban kerja yang terlalu banyak. Sebagian besar waktu, ini meningkatkan kinerja browser dan aplikasi.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel: