Cara Mempercepat Download di Chrome

Dini Listiyani · Jumat, 23 Juli 2021 - 09:06:00 WIB
Cara Mempercepat Download di Chrome
Cara Mempercepat Download di Chrome (Foto: Unsplash)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Cara mempercepat download di Chrome sebenarnya mudah. Cara ini perlu diketahui pengguna internet agar lebih lancar mengunduh file. 

Chrome adalah salah satu browser tercepat dan paling banyak digunakan di pasaran. Namun, mungkin ada kalanya bug dan masalah tersembunyi memperlambatnya. 

Jika kejadian ini menimpa Anda tidak perlu khawatir. Anda masih bisa mempercepat download di Chrome lho. Namun, sebelum itu, pastikan dulu koneksi internet Anda bagus. 

Usai memeriksa koneksi internet, Anda bisa mencoba yang lainnya. Berikut ini cara mempercepat download di Chrome sebagaimana dikutip dari Make Use of, Jumat (23/7/2021).

1. Tutup Tap Tak Terpakai saat Download File
Setiap tab yang terbuka di browser menghabiskan beberapa sumber daya. Chrome memiliki sangat sedikit sumber daya untuk digunakan saat begitu banyak tab terbuka, dan Anda mengunduh file. 

Oleh karena itu, kurangnya sumber daya RAM bisa memperlambat proses pengunduhan. Selain menggunakan RAM, setiap tab yang terbuka membuat internet tegang. Semakin banyak tab yang terbuka, internet menjadi lebih lambat, sehingga menyebabkan file membutuhkan waktu lebih lama untuk diunduh.

2. Matikan VPN yang Digunakan
Berselancar di internet lebih aman dengan VPN. Namun, jika server VPN terlalu jauh dari Anda, paket data akan memakan waktu lebih lama untuk berpindah antara lokasi Anda dan server. Ini akan memperlambat penjelajahan Chrome serta kecepatan unduh.

Periksa apakah menghapus koneksi VPN meningkatkan kecepatan unduhan. Namun, ini akan mengekspos alamat IP Anda, jadi pastikan itu tidak membahayakan keamanan Anda.

3. Update Chrome Versi Terbaru
Pembaruan Chrome dapat menghilangkan masalah tersembunyi dan meningkatkan kinerjanya. Kecepatan unduhan dapat melambat jika Chrome tidak diperbarui ke versi terbarunya.

4. Disconnect Perangkat Lain dari Koneksi Internet yang Sama
Memiliki terlalu banyak koneksi internet yang sama dapat memperlambat kemampuan download dan browsing Chrome. Jika Anda menggunakan koneksi internet bersama di Chrome untuk mengunduh file, minta pengguna lain untuk memutuskan sambungan perangkat mereka hingga unduhan selesai.

Jika Anda telah menghubungkan perangkat Anda ke koneksi internet yang sama, putuskan sambungannya untuk melihat apakah itu mempercepat pengunduhan. Anda juga dapat memindahkan laptop ke dekat router untuk meningkatkan kekuatan sinyal.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2