Cara Mudah Transfer File Antara Android dan Mac

Dini Listiyani ยท Senin, 29 November 2021 - 10:18:00 WIB
Cara Mudah Transfer File Antara Android dan Mac
Cara Mudah Transfer File Antara Android dan Mac (Foto: Android File Transfer)

JAKARTA, iNews.id - Berbeda dengan Windows, macOS tidak mengizinkan Anda menelusuri sistem file ponsel Android secara native. Layanan nirkabel ad-hocnya, AirDrop juga tidak berfungsi dengan ponsel Android. 

Hal ini membuat pengguna harus bergantung pada opsi pihak ketiga untuk mentransfer antara Android dan macOS. Beruntung, ada banyak aplikasi pihak ketiga mengisi celah ini. Berikut ini adalah semua cara Anda dapat berbagi file antara Mac dan ponsel Android, sebagaimana dikutip dari Makeuseof. 

Android File Transfer
Alat Transfer File Android milik Google adalah cara tercepat dan paling mudah bagi Anda untuk menjelajahi file ponsel di Mac. Yang perlu Anda lakukan adalah menginstal aplikasi gratis di Mac Anda dan mencolokkan ponsel Android.

Android File Transfer akan secara otomatis mendeteksi koneksi dan menampilkan jendela tempat Anda dapat mentransfer file bolak-balik, membuat atau menghapus folder, dan melakukan tugas manajemen file lainnya. Anda juga tidak perlu khawatir menginstal driver apa pun karena Anda menggunakan Mac.

OpenMTP
OpenMTP sangat mirip dengan Android File Transfer tapi jauh lebih kuat. Ini memiliki antarmuka yang lebih baik, dengan jendela terpisah yang memungkinkan Anda melihat konten Mac dan ponsel secara bersamaan, sehingga lebih mudah untuk menyeret file dari satu tempat ke tempat lain. Anda bahkan dapat melihat file tersembunyi di keduanya jika Anda mau.

Menyalin cepat, Anda dapat memindahkan file lebih dari 4GB sekaligus, dan ada pintasan keyboard untuk pengguna bertenaga. Penyiapannya mudah, tetapi pastikan Anda mengikuti petunjuk saat memulai.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: