Cara Upload Video Short di YouTube Khusus Kreator Pemula

Tangguh Yudha ยท Rabu, 02 November 2022 - 18:02:00 WIB
Cara Upload Video Short di YouTube Khusus Kreator Pemula
Cara Upload Video Short di YouTube Khusus Kreator Pemula (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - YouTube mempunyai fitur video pendek yang dijuluki Short. Anda bisa simak cara upload video Short di YouTube khusus kreator pemula. 

YouTube Short adalah konten video vertikal berdurasi pendek yang dapat dibuat menggunakan smartphone. Short diunggah melalui aplikasi YouTube. 

Pengguna bisa mengedit video pendek menggunakan alat bawaan YouTube. Anda bahkan bisa menambahkan musik pada video pendek dari label besar seperti Sony, Universal, dan Warner).

Viewers Short dapat berbagi, berkomentar, menyukai, tidak menyukai atau berlangganan channel saat menonton video. Konten tidak hilang dan tetap ada di YouTube, jadi tidak perlu khawatir. Sekarang, bagaimana caranya bagi kreator pemula untuk mengunggah video ke Short? Berikut ini langkah-langkahnya. 

Cara Upload Video Short di YouTube Khusus Kreator Pemula

1. Download Aplikasi YouTube
Dikutip dari blog Hootsuite, Anda bisa membuat Short di dalam aplikasi YouTube. Langkah pertama, login ke app store dan pilih dan cari YouTube, download aplikasi resmi YouTube, dan login menggunakan login Google atau YouTube terpisah.

2. Mulai Membuat YouTube Short
Sekarang waktunya membuat YouTube Short, tap ikon (+) pada tombol home aplikasi, lalu tap Create Short. Selanjutnya rekam klip video berdurasi 15 detik, tahan tombol rekam berwarna merah atau ketuk untuk mulai merekam dan sekali lagi untuk berhenti.

Jika ingin merekam video 60 detik penuh, ketuk angka 15 di atas tombol rekam untuk mengubah durasi video menjadi 60 detik. Untuk menambahkan efek dan elemen khusus ke video Anda, jelajahi bilah alat di sebelah kanan layar

3. Edit dan Upload Short
Setelah selesai merekam, ketuk tanda centang untuk menyimpan Short. Selanjutnya, selesaikan Short dengan menambahkan trek musik, teks, dan filter. Jika Anda ingin menyelam lebih dalam ke dalam pengeditan, ketuk ikon garis waktu untuk mengubah kapan teks, muncul di garis waktu video.

Setelah selesai mengedit, ketuk Berikutnya di sudut kanan atas. Tambahkan detail Short Anda dan pilih apakah Anda ingin video menjadi publik, tidak terdaftar, atau pribadi. Pilih apakah video Anda sesuai untuk anak-anak atau perlu batasan usia. Tap Unggah Short untuk memublikasikan video Anda.

Cara Memonetisasi YouTube Shorts

Sebagai pemilik bisnis atau kreator, Anda mungkin berpikir, “Bagaimana cara memonetisasi YouTube Shorts?”.  Mulai awal 2023, kreator  Shorts dapat memenuhi syarat untuk Partner Program, yang berarti mereka dapat memperoleh pendapatan iklan dari YouTube.

Kreator shorts membutuhkan setidaknya 10 juta penayangan selama 90 hari sebelumnya untuk bergabung dengan Partner Program. Setelah mengikuti program ini, pembuat konten akan memperoleh 45% pendapatan iklan dari video mereka.

Partner Program adalah alasan yang cukup kuat untuk memfokuskan upaya video berdurasi pendek Anda di YouTube. Jika Anda dapat membangun audiens di platform, Anda bisa mendapatkan uang tunai yang serius. 

Editor : Dini Listiyani

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda