Dark Mode di iOS 13 Terbukti Menghemat Daya Baterai iPhone

Dini Listiyani ยท Senin, 21 Oktober 2019 - 16:03 WIB
Dark Mode di iOS 13 Terbukti Menghemat Daya Baterai iPhone

Dark Mode di iOS 13 terbukti menghemat daya baterai iPhone (Foto: YouTube/Phone Buff)

CUPERTINO, iNews.id - Sistem operasi terbaru Apple, iOS 13 membawa dukungan Dark Mode. Pengujian baterai menunjukkan, mengatifkan Dark Mode dapat memperpanjang daya iPhone dengan layar OLED.

Dark Mode dapat mengubah background iPhone putih menjadi gelap. Pemilik iPhone dapat mengaktifkan fitur untuk waktu tertentu dan juga permanen.

Namun, pengujian YouTube channel PhoneBuff memberikan pemilik iPhone yang berjalan di iOS 13 untuk selalu mengaktifkan Dark Mode di perangkat mereka. Tes dalam video tersebut menggunakan iPhone XS yang terisi penuh dan robotic arm, yang diprogram melakukan berbagai hal pada layar saat perangkat berada dalam Light Mode dan Dark Mode.

Tugas robotic arm termasuk mengetik teks pada aplikasi Messages, bergulir melalui Twitter, memutar video di YouTube, dan mengakses Google Maps. Pada saat baterai iPhone XS dalam Light Mode habis, ponsel dengan Dark Mode masih memiliki sekitar 30 persen daya yang tersisa.

Pengujian dilakukan dengan kedua layar pada kecerahan 200 nits. Dan, iPhone pada tingkat kecerahan yang berbeda dapat menyebabkan perbedaan hasil presentase juga, meskipun masa pakai baterai yang lebih lama untuk iPhone dalam Dark Mode tetap benar.

Dikutip dari Digital Trends, Senin (21/10/2019), hitam pada layar OLED berarti piksel dimatikan. Dengan lebih banyak piksel dinonaktifkan pada Dark Mode dibanding Light Mode, menghasilkan peningkatan efisien baterai.

Sebagai perbandingan, iPhone dengan layar LCD seperti iPhone 11 masih memiliki piksel yang dihidupkan saat menampilkan warna hitan, sehingga mereka tidak dapat menikmati masa pakai baterai yang lebih lama saat dalam Dark Mode.

Untuk mengaktifkan Dark Mode di iPhone yang telah menjalankan iOS 13, pengguna hanya perlu mengakses aplikasi Settings dan enter Display & Brightness menu. Opsi untuk beralih secara permanen ke Dark Mode berada di bawah Appearance header. Tapi bagi pengguna yang hanya ingin mengaktifkan fitur pada waktu tertentu, toggle otomatis akan mengaturnya.

Editor : Dini Listiyani