Facebook Beberkan Penyebab Layanan Down, Tak Ada Campur Tangan Hacker

Dini Listiyani · Selasa, 05 Oktober 2021 - 15:08:00 WIB
Facebook Beberkan Penyebab Layanan Down, Tak Ada Campur Tangan Hacker
Facebook Beberkan Penyebab Layanan Down, Tak Ada Campur Tangan Hacker (Foto: Unsplash)

MENLO PARK, iNews.id - Facebook down semalam selama berjam-jam. Pemadaman ini rupanya tidak hanya memengaruhi pengguna biasa tapi bahkan bisnis yang ada di seluruh dunia. 

Facebook kini telah mengeluarkan penjelasan resmi. Beruntung, itu tidak seburuk yang ditakuti berapa orang. Tidak ada gangguan keamanan atau hacker yang terlibat dalam pemadaman ini, sebagaimana dikutip dari Slash Gears. 

Facebook meyakinkan publik tidak ada data yang dikompromikan selama waktu henti itu. Pada akhirnya, pembaruan konfigurasi yang sederhana namun sangat merusak tidak hanya dirasakan pengguna Facebook, tapi karyawannya juga.

Inti masalahnya adalah Border Gateway Protocol atau BGP yang digambarkan Facebook sebagai tulang punggung yang mengoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat datanya. Perubahan konfigurasi yang salah tidak hanya memengaruhi cara pengguna mengakses Facebook, Instagram, dan WhatsApp, bahkan memengaruhi cara karyawan Facebook mengakses gedung perusahaan. 

Ini secara mengejutkan memengaruhi seberapa cepat Facebook dapat bekerja untuk mengatasi masalah ini. Perusahaan telah memulihkan layanan, dan eksekutif Facebook, termasuk Mark Zuckerberg, mengeluarkan permintaan maaf publik atas gangguan yang ditimbulkannya. 

Gangguan memengaruhi tidak hanya orang yang mencoba terhubung dengan teman tetapi juga bisnis yang menggunakan platform untuk terhubung dengan pelanggan dan sebaliknya. Ini juga membuktikan bahwa, terlepas dari semua kritik, Facebook masih memainkan peran penting di dunia saat ini, baik atau buruk.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel: